|



Dinas PUPR Sekadau Adakan FGD RDTR Dan Zonasi Kawasan Perkotaan

SEKADAU, Kapuasrayatoday.com -
Kepala dinas PUPR, kabupaten Sekadau Ir.Akhmad Suryadi MT pada Senin (15/7) 2019 membuka kegiatan focus group discusion ( FGD ) tentang pembahasan delineasi kawasan dan struktur ruang kota Sekadau.

Kegiatan pembahasa dilaksanakan diruang rapat dinas PUPR kabupaten Sekadau.

Akhmad Suryadi dalam acara pembukaannya  mengatakan, sejak terbentuknya kabupaten Sekadau pada tahun 2003  sampai sekarang, kita belum mekiliki  rencana detail tata ruang (RDTR) dan zonasi kawasan perkotaan.

Ia menyampaikan, sebelum RDTR ini di tetapkan, sebagai langkah awal dirinya mengadakan konsultasi publik dengan mengundang semua OPD yang ada di lingkungan pemda Sekadau, tokoh masyarakat, kepala desa se-kecamatan Sekadau hilir, serta insan  pers.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk meminta masukan, saran serta pendapat agar apabila RDTR ini ditetapkan kita mempunyai visi dan data yang sama kata Akhmad Suryadi.


Ia mengharapkan, agar para tokoh masyarakat dapat memberikan masukan, serta kontrol kepada pemerintah melalui perannya masing - masing,karena lanjut dia, muasthil dirinya mampu mengontrol semua kegiatan di kabupaten Sekadau ini tanpa bantuan masyarakat.

Adapun rancangan yang dibahas meliputi; konsep pengembangan yang meliputi revitalisasi kawasan pinggir sungai sebagai kawasan cagar budaya historis dan ekowisata, rencana pusat pelayanan primer dan taman kota, rencana pusat pelayanan,rencana jaringan pergerakan (preservasi jalan),rencana jaringan listrik,jaringan telekomumikasi,air bersih,drainase,air limbah,pembuangan sampah, dan rencana infrastruktur mitigasi bencana,

Rencana tersebut merujuk pada tujuan RDTR tahun 2013 "kota taman yang harmonis menuju pusat pertbuhan yang setara dengan pusat - pusat wilayah sekitarnya".

Sementara  dalam arahan penataan ruang RDTR saat ini ingin mencapai tujuan " terwujutnya kota Sekadau sebagai kota taman yang harmonis berdaya saing,dan lestari berbasis perdagangan dan jasa,parawisata budaya dan agroindustri skala regional".

Penulis.   Sudarno
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini