-->
    |

Wabup Sekadau Aloysius Buka Rakorda Pencegahan Kalhutla 2019

SEKADAU,Kapuasrayatoday.com -
Dalam rangka mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan ( Kalhutla), pemerintah kabupaten Sekadau bersama stekholder lainnya serta para pimpinan OPD dilingkungan Pemerintah kabupaten Sekadau pada Rabu ( 24/7) 2019 mengadakan rapat koordinasi pencegahan, dan penangulangan kebakaran hutan dan lahan yang dilaksanakan di aula lantai II kantor bupati Sekadau.

Kegiatan Tersebut dipimpin oleh wakil bupati Sekadau Aloysius. Dalam sambutannya, Aloysiua  menyampaikan bahwa,untuk kabupaten Sekadau ada 4 desa yang mendapat perhatian khusus pencegahan Kalhutla tahun 2019. yaitu desa Sei kunyit,  desa Sungai Ayak 1,desa Landau Kodah dan Desa Entabuk.

Untuk melaksanakan pencegahan Kalhutla, kata Aloysius, masing - masing desa akan ditempatkan  9 Personil TNI, 2 personil Polri dan 1 orang dari staf BPBD.kabupaten Sekadau untuk membantu masyarakat.

Di kabupaten Sekadau,tambah Aloysius, pada 2018 terjadi peningkatan titik Hostport.untuk mencegah meningkatnya Hosport, pada 2019 satgas kembali dibentuk  untuk menurunkan jumlah titik Hosport.

Mudah - mudahan langkah yang kita ambil dapat dijalankan dengan baik ujar Aloysius.

Pelaksana Tugas BPBD kabuaten Sekadau Apronius Akim Sehan memaparkan, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk mengurangi titik api dan kabut asap. Serta untuk mensosialisasikan kepada masyarakat tentang bahaya asap.

Ia menambahkan, pada tahun 2017 di kalbar terdeteksi 80 titik api dan.pada tahun 2018 terjadi peningkatan yang sangat tajam yaitu terdapat 212 titik katanya.

Ditempat yang sama, sekretaris daerah kabupaten Sekadau Zakaria mengatakan, ada 5  langkah dalam pencegahan  kalhutla. 1 penyampaian data, 2  rencana pencegahan, 3. Sosialisasi, 4 Pembinaan dan 5 Penindakan.

Kapolres  Sekadau AKBP Anggon Salazar Tarmizi .S.Ik mengatakan dalam pencegahan Kalhutla diperlukan
kerja sama,  koordinasi dan kaloborasi.
Ucapnya. Jika perencanaan gagal, berati kita merencanakan kegagalan. Untuk itu lanjutnya, tugas kita saat ini adalah pencegahan.imbuhnya.

Untuk diketahui katanya sesuai data yang ada sampai saat ini,titik  hosport kabupaten sekadau sampai saat ini masih nihil.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut , Kejari Sekadau, Perwira penghubung Dandim 1204 Sanggau - Sakadau, Kapolres Sekadau, para pimpinan OPD, Camat dan Kades serta para Anggota TNI yang akan menempati pos pencegahan Kalhutla kabupaten Sekadau tqhun 2019.


Penulis.    Sudarno
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini