-->
    |



Camat Sekadau Hulu Lakukan Tancap Tiang Pertama Pembanguan Kantor Desa Cupang

SEKADAU,Kapuasrayatoday.com -
Desa Cupang Gading kecamatan Sekadau Hulu kabupaten Sekadau  akan memiliki kantor Desa yang baru dan representatif. Kepastian ini ditandai dengan dilaksanakanya penancapan tiang pertama pembangunan kantor Desa Cupang pada Senin (5/8) 2019 oleh Plt Camat Sekadau Sekadau Hulu dan Kades Cupang.

Penancapan tiang pertama ini,dilakukan dengan prosesi adat serba tiga atau yang biasa disebut Engkang untuk mewakili 3 sub Suku Dayak Taman, Dayak Sawe, dan Melayu yang dilaksanakan oleh tiga tokoh adat cupang.

Setelah itu dilaksanakan secara simbolis penancapan tiang pertama oleh Plt Camat Sekadau Hulu, Udin, Kepala Desa Cupang Martinus Yanuar A.Md dan Ketua BPD.

Yanuar dalam kegiatan tersebut menyatakan, sejak dibentuk menjadi Desa Tahun 1997 Masih tergabung dalam wilayah  Kabupaten Sangggau, Desa Cupang belum memiliki Kantor yang desa yang representatif.

"sebelumnya Kantor desa Cupang mengunakan Balai Desa sebagai tempat Pelayanan administrasi Desa. Sejak tahun 2018, kator Desa bahkan hanya mengunakan Perpusatakaan Desa," kata  Yanuar.

Puji Tuhan,sambung Yanuar pada akhirnya tahun ini, Pemerintah Kabupaten Sekadau mengelontorkan Dana sebesar 200 juta untuk pembagunan Kantor Desa Cupang yang representatif

Yanuar meyakini, dengan adanya  kantor yang representatif akan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.
"terimakasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Sekadau yang telah memberikan bantuan Dana untuk pembagunan kantor Desa Cupang ini, " pungkasnya.

Ditempat yang sama, Plt Camat Sekadau Hulu, Udin dalam arahannya menjelaskan bahwa pembagunan Kantor Desa oleh Pemerintah Kabupaten Sekadau dilaksanakan setiap Tahun kepada Desa - desa yang belum memiliki kantor desa yang  representatif.
"Sekadau Hulu tahun ini ada 2 Desa yang dibangun, yakni, Desa Cupang dan Desa Tapang Perodah," jelas Udin.

Dalam prosesnya, Udin menjelaskan material pembagunan kantor Desa mengunakan 2 jenis bahan yakni, berbahan dasar beton dan kayu.
Selaku Camat, Udin berharap agar Proses pembagunan kantor desa dapat dimaksimalkan dengan anggaran yang tersedia serta sesuai dengan RAB.

Udin memperkirakan, dengan dana 200 juta mungkin belum maksimal untuk terselesaikan pembangunannya. namun, disarankan finishing pada tahun anggaran 2020 melalui Dana Desa," kata Udin.
Udin juga menaruh harapanya agar Pembagunan Kantor Desa Cupang kedepanya dapat menjadi motovasi untuk meningkatkan  kwalitas Pelayanan aparatur Desa kepada masyarakat
" termasuk disiplin aparatur Desa dalam bekerja," tegas Camat.

Desa Cupang Gading merupakan Desa yang terletak didalam wilayah Kecamatan Sekadau Hulu, dan memiliki 5 Dusun yakni, Dusun Cupang , Dusun, Cupang Gading, Belungai, Kiatak, Jopo dan Dusun Nanga Manjang dengan Jumlah Penduduk lebih dari 2000 Jiwa dan 450 Kepala Keluarga.(KK).


Penulis.   Tim Liputan
Editor.      Sudarno
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini