|

Sah !!, Tari Lesong Mualang Ditetapkan Sebagai WTB Indonesia

SEKADAU, Kapuasrayatoday.com -
Setelah melalui proses panjang,dan sempat mengalami kegagalan pada sidang penetapan sebelumnya, kini,  Tari Lesong Mualang resmi ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WTB) Indonesia.

Penetapan tari lesong mualang  berlangsung melalui sidang
penetapan warisan budaya tak benda Indonesia yang berlangsung di Hotel Millenium Sirih Jakarta Pusat pada (15/8) 2019 malam.

Sekretaris Disporapar kabupaten Sekadau Isbianto kepada Kapuasrayatoday.com kamis (15/8) malam melalui pesan singkat WhatsApp mengatakan, bahwa tari lesong mualang kabupaten Sekadau, sudah resmi di tetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda Republik Indonesia Tahun 2019, melalui sidang penetapan WTB yang berlangsung pada 13-16 Agustus 2019, di Hotel Millennium Jakarta Pusat.

Hal itu, lanjut Isbianto,sesuai dengan amanat undang undang no 5 Tahun 2017 Tetang pemajuan kebudayaan, yang implementasinya melalui pelestarian Warisan Budaya Tak Benda.

Ia berharap dengan ditetapkannya Tari Lesong Mualang sebagai WTB Indonesia, akan muncul partisipasi masyarakat untuk mengangkat budaya yang akan kita usulan ke pemerintah Pusat untuk di tetapkan menjadi WTB.

Setelah resmi ditetapkan sebagai WTB,
Tari Lesung Mualang diminta tampil pada Pekan Kebudayaan Nasional November mendatang di Jakarta ucapnya.

Sidang penetapan Tari Lesong Mualang dihadiri Sekretaris disporapar kabupaten Sekadau Isbianto beserta staf, ketua,pengurus dan pelaku tari lesong dari Sanggar Lesung Manuah.

Penulis.    Sudarno
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini