|

FASI ke XI Tingkat Provinsi Resmi dibuka Bupati Sanggau


Sanggau,Kapuasrayatoday.com
Dalam Kata sambutan Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP, M.Si membuka secara resmi kegiatan Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) XI Kabupaten Sanggau, yang di selenggarakan oleh Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Taman Kanak-Kanak Al-Qur’an (LPPTKKA) Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kabupaten Sanggau, dengan mengusung motto “Bina Santri Jujur, Arif, Ramah, Santun dan Tulus (BISA JUARA SATU), kegiatan dipusatkan di Gedung Balai Betomu Sanggau, Jumat (27/9/2019) sore.


Hadir pada kesempatan tersebut, Ketua Umum BKPRMI Provinsi Kalbar, Drs.H.Firdaus Zairin, Asisten Administrasi Umum Setda Sanggau, H.Joni Irwanto, S.IP, Kepala Kemenag Sanggau, Drs.H.M.Taufik, Ketua BKPRMI Kabupaten Sanggau, Yulianto, SP, Direktur Daerah LPPTKA, BKPRMI Kabupaten Sanggau, Ahmad Kasful Anwar, S.Ag, perwakilan dari Perbankan, Forkompimda, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, para tamu undangan, peserta lomba dan Masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, Direktur Daerah LPPTKA, BKPRMI Kabupaten Sanggau, Ahmad Kasful Anwar mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang sudah mendukung Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) tingkat Kabupaten Sanggau.


“Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang sudah mendukung penuh kegiatan ini, terutama Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau, Perbankan dan seluruh peserta dari beberapa Kecamatan yang ada di Kabupaten Sanggau yang sudah antusias mengikuti kegiatan ini,” ucap Direktur Daerah LPPTKA, BKPRMI Sanggau Ahmad Kaspul Anwar.

Direktur Daerah LPPTKA, BKPRMI Kabupaten Sanggau mengatakan diselenggarakan kegiatan FASI tingkat Kabupaten Sanggau merupakan persiapan mengikuti FASI tingkat Provinsi Kalbar yang akan di selenggarakan di Kabupaten Sanggau.

“Dilaksanakan kegiatan FASI Tingkat Kabupaten Sanggau ini sebagai bentuk persiapan untuk mengikuti kegiatan FASI Tingkat Provinsi Kalbar di tahun 2020 mendatang, yang mana Kabupaten Sanggau ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggara kegiatan FASI tingkat Provinsi Kalbar,” katanya.

Ahmad Kaspul Anwar juga mengatakan sesuai dengan rancangan awal bahwa peserta yang mengikuti kegiatan FASI ini sebanyak 440 orang, akan tetapi peserta yang sudah terdaftar dalam kegiatan FASI ini mencapai 450 orang.

“Adapun perlombaan yang digelar di Gedung Pertemuan Umum (GPU) ini salahsatunya untuk perlombaan Tahfidz, Tartil, Nasyid dan Tilawah Qur’an. Untuk Indoor GPU dilaksanakan lomba Mewarnai, Menggambar, Nasyid, Kaligrafi, Ceramah dan Cerita Islami dan untuk di Aula Polres Sanggau untuk perlombaan Cerdas Cermat, Adzan Iqamah dan Peragaan Sholat,” jelasnya.

Direktur Daerah LPPTKA, Ahmad Kaspul Anwar juga menjelaskan pada hari ini selain dilaksanakan kegiatan FASI Tingkat Kabupaten Sanggau, juga sekaligus pelantikan kepengurusan BKPRMI Kabupaten Sanggau, yang akan dilantik oleh Ketua Umum BKPRMI Provinsi Kalbar dan disaksikan langsung oleh Bupati Sanggau.

Selanjutnya, Ketua Umum BKPRMI Provinsi Kalbar, Drs.H.Firdaus Zairin mengatakan kegiatan FASI ini merupakan kegiatan/program dari BKPRMI.

“Perlu disampaikan bahwa kegiatan FASI ini merupakan program nasional dari BKPRMI dan InsyaAllah kegiatan FASI untuk tingkat Nasional akan diselenggarakan di Kalimantan Tengah pada tahun mendatang. Sedangkan kegiatan FASI untuk tingkat Provinsi Kalbar akan di selenggarakan di Kabupaten Sanggau selaku tuan rumah. Sehingga hasil dari perlombaan ini nanti akan diperlombakan untuk mewakili khususnya Kabupaten Sanggau pada ditingkat Provinsi, yang akan di selenggarakan pada tahun 2020 mendatang,” kata Ketum BKPRMI Kalbar H.Firdaus Zairin.

Pada kesempatan yang sama Bupati Sanggau, Paolus Hadi mengucapkan selamat kepada kepengurusan BKPRMI Kabupaten Sanggau yang baru saja dilantik oleh Ketua Umum BKPRMI Provinsi Kalbar.

“Untuk pengurus BKPRMI Kabupaten Sanggau yang sudah dilantik saya ucapkan selamat, tentu bisa menjadi pengurus dari pada BKPRMI Kabupaten Sanggau sesuai dengan tugas, bidang dan fungsinya. Karena Kabupaten Sanggau yang kita cintai ini berharap betul soal pembinaan terhadap anak-anak kita dan para remaja untuk memperdalamkan soal keimanan,” ucap PH sapaan akrab Bupati Sanggau.

Bagaimanapun juga, lanjut Bupati, bahwa peran pemerintah juga sangat penting dal memajukan anak bangsa ini.

“Kita berharap anak zaman now (sekarang) untuk tidak meninggalkan sifat dan akhlak kesholehannya, akan tetapi untuk mewujudkan anak yang sholeh dan sholehah tidak terlepas atas bimbingan dari orang tuanya juga,” kata PH orang nomor satu di Sanggau.

Lanjut dikatakannya, perlu adanya data-data berapa banyak anak-anak yang sudah lulus dari Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA).

“Menurut saya data-data terkait berapa banyak anak-anak kita khususnya di Kabupaten Sanggau yang sudah lulus TPA, karena itu sebagai dasar agar kita tau berapa banyak anak-anak yang sudah melaksanakan kewajibannya untuk belajar di TPA,” ujarnya.

Lebih lanjut, Bupati Sanggau menjelaskan seperti yang disampaikan oleh Ketua Umum BKPRMI Kalbar tadi, bahwa di Kabupaten yang lain, bahwa ustadz dan ustadzah nya didukung sepenuhnya oleh Pemerintah Daerah nya.

“Saya minta kepada para pengurus BKPRMI Kabupaten Sanggau yang baru saja dilantik ini, untuk bisa kalian buat usulan dari program yang akan dilaksanakan. Agar Pemerintah Daerah tau, berapa yang akan kita bantu dari soal pendanaannya, karena soal pembinaan iman masyarakat ini kita selaku Pemerintah Kabupaten Sanggau akan support terus,” pintanya.

Sebelum menutup sambutannya, Bupati Sanggau, Paolus Hadi menegaskan Kabupaten Sanggau siap menjadi tuan rumah penyelenggara kegiatan Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) Tingkat Provinsi Kalbar Tahun 2020 mendatang.

Prosesi pelantikan kepengurusan Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kabupaten Sanggau oleh Ketua Umum BKPRMI Provinsi Kalbar.
 
Sumber : Diskominfo Sanggau
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini