|

KPA Dan Tim Tiknis adakan Penilaian Akhir Dokumen Amdal PT. Borneo Agroabadi Persada

Sekadau,Kapuasrayatoday.com -
Setelah melakukan penilaian teknis tahap awal, tim penyusun dokumen Amdal dari PT.Borneo Agroabadi Persada telah mengajukan penilai final kepada komisi penilaian amdal (KPA) kabupaten Sekadau yang diketuai oleh kepala dinas Lingkungan Hidup (LH) kabupaten Sekadau Wirdan Mazumi.

Kegiatan KPA dilaksanakan di Aula Mess Pemda jalan Sanggau -Sekadau km 2 pada Selasa (17/9) 2019.

Ketua KPA melalui sekretarisnya yang juga ketua tim teknis Utin Ramdiana, dalam sambutannya mengatakan
Dalam dokumen AMDAL setidaknya berisi antara lain, berita acara penilaian amdal, kronologis rapat tim teknis dan KPA, riwayat persuratan yang bersifat mendukung dalam mengambil keputusan maupun persuratan  keberatan terhadap rencana kegiatan, rumusan saran pendapat tanggapan masyarakat (SPT) yang  digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan kelayakan atau ketidaklayakan lingkungan hidup dan kesimpulan kelayakan atau ketidaklayakan lingkungan hidup atas rencana usaha dan atau kegiatan yang didasari kriteria persyaratan lingkungan hidup atau persyaratan lain yang harus diperhatikan kata Utin.

Perwakilan PT.Borneo Agroabadi Persada (BAP) Nikolaus Nyonyon pada kesempatan ini menyampaikan bahwa, pihaknya dalam menyusun draf AMDAL ini, telah melakukan kajian atau surve awal dengan mengambil sampel air,dan sampel udara guna mengetahui kondisi awal dilingkungan yang akan kita jadikan kawasan perkebunan maupun pabrik pengolahan kelapa sawit melalui tim teknis kata Nyonyon.

Dia menambahkan untuk itu pada kesempatan ini kita menyerahkan sepenuhnya kepada tim tehnik maupun KPA. Namun jika ada hal- hal yang masih dianggap kurang sesuai, akan kita lakukan perbaikan sambung Nyonyon.


Pada kegiatan tersebut para tim tehnis maupun anggota KPA masing - masing diberikan kesempatan untuk menyampaikan saran, pendapat atau ketidak sesuaian lainnya yang berkaitan dengan tema pembahasan AMDAL.

Usai memberikan tanggapan masing - masing, sekali lagi ketua panel KPA yang dipimpin Utin Ramdiana memberikan kesempatan terakhir kepada para anggota Tim tehnis maupun KPA untuk meminta pendapat akhir.

Secara umum peserta menyatakan dapat menerima dengan perbaikan pada beberapa poin tertentu meskipun tidak menyebutkan poin mana saja yang perlu perbaikan.

Kegiatan rapat KPA diikuti oleh seluruh anggota tim tehnis dan anggota KPA.antara lain Kadis KP3 Drs Sande,camat Sekadau Hilir H.Syafei Yanto, Sekretaris dinas LH kabuaten Sekadau Ir.Iwannudin,Tim AMDAL dari Provinsi Kalbar, Dinas Kesehatan, Dinas PUPR, Dinas Perkim, Dinas DKPP,  PT.Borneo Agroabadi Persada, serta para kades dan tokoh masyarakat yang tergabung dalam rencana kegiatan PT.BAP.

Penulis.   Sudarno
Editor.      Tim Redaksi
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini