-->
    |

Walikota Singkawang Adakan Kunker Ke Sintang dan Tinjau Bandara Tebelian

SINTANG,Kapuasrayatoday.com - Bupati Sintang,Jarot Winarno, bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Yosepha Hasnah,menerima kunjungan kerja Walikota Singkawang,  Tjai Chui Mie, di aula Badan Pengelola Pendapatan Daerah Kabupaten Sintang, pada Jumat (13/09) 2019.

"Sintang itu, perlu waktu 13 tahun untuk mewujudkan keberadaan bandara Tebelian," ungkap dr. Jarot. "kami mulai operasi sejak tahun lalu. Saat ini kami masih dalam proses perpanjangan runway," tambahnya lagi.

Setelah memberikan pengantar tersebut beliau melanjutka acara di tempat lain. Sehingga acara diskusi dan sharing ini selanjutnya dipimpin oleh Sekda Sintang Yosefa Hasnah.

"Bandara Tebelian ini sebenarnya merupakan relokasi dari Bandara Susilo. Karna letak bandara sebelumnya terletak di tengah kota, kami memutuskan untuk pindah. Supaya mobilisasi lebih mudah dan lancar," papar Yosepha.

Pada paparan proses pembangunan bandara, disebutkan bahwa proses pembangunan mulai dengan pengurusan dokumen kemudian baru dilanjutkan dengan pembangunan fisik.

Proses pembebasan lahan menjadi hal yang sangat krusial. Ada banyak tahapan yang terjadi dalam prosesnya. Dinamika tersebut menjadikan proses pembangunan sedikit terlambat dari jadwal yang diinginkan.

Selain masalah pembebasan lahan ada proses sertifikasi pengalihan kepemilikan lahan yang juga menjadi kendala tersendiri. Kendala lainnya, muncul sebagai implikasi proses clearing dan kesiapan lahan ialah meningkatnya tuntutan masyarakat sekitar lahan.

Solusi yang ditempuh oleh Pemda Sintang, mengadakan negosiasi dan komunikasi aktif dengan segenap pihak yang terkait.

Saat ini proses yang terjadi, pembangunan fisik penunjang operasional bandara. Kerjasama dengan instansi terkait juga sedang ditingkatkan agar operasional bandara dapat semakin optimal.

"Kami juga mengalami banyak kesulitan juga dalam proses ini (urusan bandara). Kami bebaskan lahan berjalan kurang lebih 1 tahun. Februari kami sudah letakkan pencanangan pertama pembangunan," kata Tjhai Chui Mie. "Danker untuk clearing lahan dan pembangunan juga ada dia Sintang. Itu sebabnya kami belajar ke Sintang," tambahnya sambil tersenyum.


Walikota Singkawang mengatakan pihaknya perlu story compare untuk menjadi masukan dalam proses pembangunan bandara di Singkawang.

Turut hadir dalam acara ini, sejumlah pimpinan OPD dan tim Pembangunan Bandara Tebelian Sintang.

Rilis.     : Humas Setda Sintang
Editor.  : Sudarno
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini