-->
    |

Bupati Sintang Hadiri Workshop Agroforestry

Sintang,Kapuasrayatoday.com -
Bupati Sintang, Jarot Winarno, menghadiri acara workshop pengembangan agroforestry pada area penggunaan lain (APL) sebagai upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Sintang.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula CU Keling Kumang Sintang, jalan lintas Sintang- Kapuas hulu pada Selasa (01/10) 2019.

Bupati menyampaikan pemikirannya bahwa pembangunan berkelanjutan itu adalah menyeimbangkan antara ekonomi, adat budaya dan lingkungan hidup.

"Tahun ini harus kita akui bahwa kita lalai, sehingga kegiatan membakar ladang sudah tidak mengikuti aturan yang kita buat. Hutan kita tidak mungkin habis dibakar untuk ladang," papar dr. Jarot.

Di Sintang, ada beberapa zona hutan yang mengalami kondisi kritis misalnya di Bukit Bang dan di Kempas Raya. Hal yang menjadi kekawatiran besar pemerintah adalah apabila pengerjaan ladang berpindah yang tidak sesuai aturan akan memproduksi asap yang luar biasa sehingga berdampak pada khalayak ramai.

"Kitai tuk bah dah dipulah aturan, kalau kitai mengikuti dengan baik,kita madah petugas lalu tidak membakar lebih dari 10 Hektar dalam sehari, pasti kejadian seperti kemarik yak nda terjadi bah ," kata dr. Jarot lagi dengan bahasa dan dialek Désa. Para peserta terlihat mengangguk-angguk tanda setuju.


Menurut Bupati tata cara alternatif yang disampaikan oleh pemerintah masih kurang contoh nyata sehingga minat masyarakat untuk merubah cara tanam belum tinggi. Selain itu ada model agroforestri menjadi alternatif lain untuk menunjang hidup masyarakat. Supaya masyarakat dapat menggantungkan kehidupannya dari hasil hutan non kayu.

"Supaya kita bisa harmoni hidup dengan alam kita, hutan terjaga, hidup terjamin," tegas dr. Jarot.

Laporan panitia, disampaikan oleh Kabid Pengendalian, Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup, Joanna Fransisca, B.P. S.Hut bahwa kegiatan ini dilatar belakangi oleh bencana asap yang meluas pada tahun 2019. Perlu adanya kolaborasi pemerintah, organisasi non pemerintah dan masyarakat, salah satunya dengan melakukan penerapan agroforestri berbasis masyarakat.

"Kita harapkan nantinya kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan benar," kata Joana. "Karna pengelolaan lahan dengan pola agroforestri dapat juga mendukung ekonomi masyarakat," tambahnya.

Kegiatan ini merupakan pengelolaan penanaman beragam pepohonan di suatu kawasan. Kegiatan ini bertujuan untuk menginformasikan kepada masyarakat mengenai program agroforestri yang akan dilakukan tahun 2020. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Sintang dengan Solidaridad.

Peserta terdiri dari perwakilan 16 desa, 10 kelompok, dari 5 kecamatan. Ada Kecamatan Kelam Permai, Dedai, Kayan Hilir, Tempunak dan Sepauk.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kadis Lingkungan Hidup kabupaten Sintang, Darmanata beserta Kadis Pertanian dan Perkebunan, Elisa Gultom. Hadir pula sejumlah tokoh masyarakat.

Rilis.     Humas Setda Sintang.
Editor    Sudarno
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini