|



Jones Siagian : Masyarakat Jangan Resah Dengan Virus Corona


Sanggau.Kapuasrayatoday.com-Masyarakat Nasional dibuat resah dengan berita virus corona,Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau Jones Siagian mengatakan virus corona itu,mendekati atau mirif dengan virus Mers-cov dan virus Sars cov,mirif tapi sedikit berbeda,disaat konfrensi pres di hotel meldy senin (27/1/2020).

Saat keterangan pres Kadis Kesehatan Sanggau,jika virus itu menyerang saluran di pernapasan,maka gejala yang akan muncul pastilah mirip dengan semua penyakit di saluran pernapasan,penularannya bisa dari binatang ke manusia.

Ia menyatankan yang dikhawatirkan penularannya dari manusia ke manusia,kata Jones saat mengadakan Coffe Morning bersama Awak Media,pesannya.

Karena Virus corona tersebut sudah terdeteksi dibeberapa Negara,bahkan katanya telah masuk ke Negara tetangga kita.

Untuk diwilayah kita lanjutnya,relatif aman, belum ada yang terdeteksi virus tersebut,namun demikian kita  jangan lengah harus  juga lebih waspada.

Sebelum virus ini ditemukan,dia mendapatkan informasi,bahwa ada fasien di Wuhan Tiongkok,yang mengalami penyakit demam panas,disertai flu batuk, dan badan lemah,setelah diisolasi dan diambil sample darahnya, tidak ada yang cocok dengan virus sebelumnya.

Kemudian dilakukanlah penelitian diperkasai Kesehatan dunia (WHO) dan ditemukanlah virus 2019 novrl (corona) karena itu melibatkan kesehatan dunia,makanya begitu luar biasa paniknya seluruh dunia.

Kita pun ambil langkah-langkah karena visi-misi bupati Sanggau maju dan terdepan, dan Sanggau Sehat harus kita prioritaskan, katanya.

Bahkan ia telah melayangkan surat edaran ke seluruh Puskesmas di Kabupaten Sanggau ini  tanggal 10 januari 2020,surat itu kita kirim kesemua pihak terkait.

Dalam surat edaran tersebut, kita minta kepada semua petugas dapat meningkatkan pelayanan yang mengacu pada SOP dan saya sebutkan ,dalam surat edaran itu saya sebutkan adanya virus mistrius.

Khusus untuk petugas kesehatan yang ada diperbatasan dapat juga mengambil langkah dan koordinasi dengan kantor karantina kesehatan Entikong dan saya sarankan harus ada alat thermo control (Termoscanner.),himbaunya.

Ia menghimbau kepada masyarakat jangan panik, akan virus ini,untuk mencegahnya,jangan sampai kita terserang,ikuti saran petugas kesehatan,dengan melaksanakan PHBS (Prilaku Hidup Bersih dan Sehat)

PHBS,dimulai dengan mencuci tangan pakai sabun, dan mendapat  pelayanan kesehatan, petugas kesehatan diminta selalu menggunakan masker.

Begitu juga masyarakat, kalau ada tetangga atau keluarga yang memperlihatkan gejala gangguan pernapasan, diharapkan mengguna kan masker,pesannya.

Kita juga sudah minta tolong kepada pak Camat, jika ada warganya yang baru datang dari negara yang sudah terjangkit atau terkontaminasi,segera melaporkan untuk kita lakukan screening, katanya.


Penulis  : Hermansyah
Editor    : Cecep

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini