-->
    |

Kampung KB Enteras Desa Sei Ayak 2 Wakili Kabupaten Sekadau Di Ajang Lomba Satger PKK KKBPK Kesehatan Tingkat Provinsi

Sekadau,Kapuasrayatoday.com - 
Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan KB kabupaten Sekadau melalui Bidang Pengendalian Penduduk dan Bidang KB beserta Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Sekadau, Kecamatan Belitang Hilir dan Desa mengunjungi kampung KB Enteras Desa Sei Ayak 2 Kecamatan Belitang Hilir Kabupaten Sekadau. Senin (17/02).

Kunjungan yang dilaksanakan bertujuan untuk melaksanakan pembinaan akhir dalam persiapan mengikuti lomba Kesatuan Gerak PKK KKBPK Kesehatan tingkat provinsi Kalimantan Barat, Posyandu Terbaik, lomba Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) terbaik dan lomba PHBS terbaik.

Terpilihnya Kampung KB Enteras dalam mengikuti lomba tingkat provinsi karena dinilai terjadi percepatan pembangunan lintas sektor terkait dalam mendukung percepatan Desa Sei Ayak 2 sebagai desa mandiri sejak dicanangkan sebagai Kampung Keluarga Berencana pada tahun 2018 oleh Bupati Sekadau.

Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya kepesertaan MKJP, dibangunnya Poskesdes, dibangunnya Sekolah Dasar, rehab dan peningkatan rumah ibadah (mesjid), terbentuknya Tribina, dasa wisma, serta perubahan perilaku masyarakat terutama dalam memanfaatkan halaman rumah untuk warung hidup, apotek hidup, ternak yang semua dapat dimanfaatkan mendorong tingkat ekonomi warga masyarakat. Sehingga Kampung KB dusun enteras Desa Sei ayak 2 berhak untuk mewakili Kabupaten Sekadau dalam perlombaan tersebut.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sekadau, Ny. Kristina Rupinus, juga menjelaskan selain tugas pokja 4 bidang kesehatan, program perencanan sehat, yang berkenaan juga  pokja 3 lebih mengajak pada pemanfaatan lahan perkarangan. Gerakan HATINYA PKK adalah kuncinya, ini diharapkan dapat mendukung pemenuhan kebutuhan gizi keluarga, secara sederhana untuk memambah pendapatan keluarga.

Hatinya PKK merupakan singkatan dari Halaman, Asri, Teratur, Indah dan Nyaman bersama PKK, diharapkan masyarakat dapat secara sadar mengelola perkarangan atau halaman rumahnya agar asri, teratur, sehingga  terlihat indah menciptakan kenyamanan bagi penghuninya, demikian disampaikan Ketua TP PKK Kabupaten Sekadau.

Adapun peran pengurus PKK terutama kelompok dasa wisma sangat penting dalam mewujudkan HATINYA pkk seperti mengadakan penyuluhan dalam kegiatan dan pertemuan PKK baik ditingkat kecamatan/ desa/ kelompok dalam upaya peningkatan rumah kurang sehat menjadi sehat, mengadakan pendataan rumah sehat, meningkatkan pemanfaatan lahan perkarangan rumah dengan HATINYA PKK.

Rilis.      Frokopim Sekadau
Esitor.    Sudarno
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini