-->
    |

Malam Kegiatan Perayaan Cap Go Meh 2571 Sanggau tahun 2020 Resmi ditutup

Sanggau,Kapuasrayatoday.com-Penutupan rangkaian kegiatan Cap Go Meh tahun 2020/2571 resmi ditutup Bupati Sanggau, Paolus Hadi, S.IP, M.Si ,dengan mengusung tema “Merajut kebhinekaan menuju Sanggau berbudaya dan beriman”. Kegiatan dipusatkan di Komplek Tri Dharma Pekong Sanggau, Sabtu malam (8/2/2020) pukul 20.00 WIB.

Pada kesempatan tersebut hadir Sekda Sanggau, Ir.Kukuh Triyatmaka, MM, Kapolres Sanggau, AKBP. Raymond Marcellino Masengi, S.Ik, MH, Dandim 1204/Sanggau dalam hal ini diwakili Pasi Ops, Kapt. Inf. Agus Mulyana, Ketua Pengadilan Negeri Sanggau, Arief Budiono, SH, MH, Kepala OPD Kabupaten Sanggau, Forkompimda, Ketua MABT Kabupaten Sanggau, Aldi, Ketua Panitia, Kongo, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama dan para tamu undangan serta masyarakat Sanggau.

Ribuan masyarakat Sanggau juga memadati Komplek Tri Dharma Pekong Sanggau dalam rangka ikut serta berpartisipasi, menyaksikan dan mensukseskan malam penutupan perayaan Cap Go Meh. Yang dimeriahkan dengan berbagai atraksi diantaranya; barongsai, tarian khas Tionghoa dan juga dimeriahkan dengan tarian khas Dayak, Melayu serta tarian khas Batak.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Panitia Penyelenggara,Konggo.c menyampaikan terkait tema yang diusung pada perayaan Cap Go Meh pada tahun 2020 yaitu merajut kebhinekaan menuju Sanggau berbudaya dan beriman.

“Tentu tema tersebut seiring dan sejalan dengan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Sanggau yang tertuang dalam seven brand images yaitu berbudaya dan beriman,” ucap Kongo selaku Ketua Panitia.

Ia juga melaporkan bahwa kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari, mulai dari tanggal 8 Februari hingga tanggal 9 Februari 2020.

“Pada siang hari tadi kita sudah melaksanakan dan menyaksikan pembukaan perayaan Cap Go Meh, yang dimulai dengan pawai karnaval yang diikuti sebanyak 20 peserta, baik dari kalangan anak SMP dan SMA, serta dari saudara etnis kita yang ada di Sanggau ini. Kemudian juga dimeriahkan oleh lima tatung dari Sungai Pinyuh dan juga satunya tatung lokal Sanggau,” ujarnya.

Adapun kegiatan ini, lanjut dikatakannya, bersumber dari APBD Kabupaten Sanggau.

“Kami selaku panitia mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Sanggau yang sudah peduli dengan budaya yang ada di Kabupaten Sanggau. Tahun ini panitia ada dua kegiatan yang dilaksanakan yaitu pertama; lomba karnaval, dimana pada tahun-tahun sebelumnya tidak diperlombakan dan yang kedua yaitu ada doorprize yang hadiah utamanya adalah sepeda motor, kulkas, televisi dan lainnya,” jelasnya

Kongo juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh anggota panitia yang sudah mempersiapkan perayaan Cap Go Meh ini hingga hari ini.

“Juga kami ucapkan terimakasih kepada pihak Polres dan Kodim 1204/Sanggau yang sudah mendukung penuh kegiatan ini, sehingga perayaan Cap Go Meh dapat berjalan dengan lancar dan aman,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua MABT Kabupaten Sanggau, Aldi menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Sanggau yang sudah peduli dengan budaya dari berbagai etnis yang ada di Kabupaten Sanggau.

“Perlu disampaikan bahwa pemerintah daerah betul-betul mendorong budaya dari berbagai etnis yang ada di Kabupaten Sanggau. Jadi untuk teman-teman, khususnya yang etnis Tionghoa untuk tidak malu dan ragu menunjukkan identitasnya sebagai etnis Tionghoa dan bahkan seharusnya bangga sebagai etnis Tionghoa,” ujar Aldi, Ketua MABT Sanggau.

Ia juga mengatakan kegiatan perayaan Cap Go Meh merupakan kegiatan yang sangat spesial dan yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat khususnya etnis Tionghoa.

“Perlu diketahui bahwa Kabupaten Sanggau mendapat penghargaan sebagai kabupaten budaya, yang dikenal dengan berbagai etnis yang dimiliki didalamnya dan dapat menonjolkan sekaligus melestarikan apa yang menjadi budaya yang dimiliki. Seperti yang disampaikan pak Bupati bahwa Kabupaten Sanggau ini merupakan Indonesia mini,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Sanggau, Paolus Hadi mengatakan bangga kepada etnis Tionghoa, karena perayaan Cap Go Meh untuk tahun ini sangat meriah dan kompak.

“Mengapa saya katakan begitu?, karena setiap tahun saya hadir dan pada perayaan Cap Go Meh kali ini saya melihat semangat yang luar biasa dari masyarakat khususnya Tionghoa” ujar PH sapaan akrab Bupati Sanggau.

PH, Bupati Sanggau dua periode meminta rasa semangat dalam melestarikan budaya yang dimiliki untuk dapat dipertahankan.

“Kali ini saya melihat masyarakat sangat semangat, mulai dari tadi sore hingga malam hari ini dan itu harus kita evaluasi, sehingga tahun depan secara pelan-pelan kita bisa sejajar dengan daerah lain,” tuturnya.

Bupati, Paolus Hadi mengapresiasi jiwa semangat masyarakat Sanggau dalam menonjolkan budaya yang dimiliki.

“Saya senang melihat kalian semangat dalam mendukung yang menjadi budayanya, karena apabila kalian tidak semangat bagaimana pemerintah bisa mendukung budaya yang ada di Kabupaten Sanggau. Karena kita di Kabupaten Sanggau ini seluruh etnis, adat, budaya kita tampung dan dipersilahkan untuk bisa mengekspresikannya untuk Kabupaten Sanggau yang kita cintai ini,” ujarnya.

Ia juga merasa salut dengan panitia yang sudah mengajak kepada seluruh masyarakat untuk bisa hadir dalam memeriahkan malam penutupan perayaan Cap Go Meh.

“Kita tunggu pada perayaan Cap Go Meh tahun depan, saya berharap agar masyarakat di seluruh kecamatan bisa hadir untuk meramaikan, menyaksikan dan mensukseskan perayaan Cap Go Meh pada tahun mendatang,” harapnya.

Sumber : Diskominfo Sanggau
Editor.   : Cecep
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini