-->
    |

Wakil Bupati Sanggau Buka Kegiatan Workshop Ekonomi Kreatif,Peserta Sebanyak 50 Orang


Sanggau.Kapuasrayatoday.com-Pelatihan yang sangat perlu diselenggarakan Pemkab Sanggau,sebanyak 50 peserta dari pelaku usaha ekonomi kreatif yang mengikuti workshop akses permodalan dan pemasaran pariwisata Kabupaten Sanggau, yang diselenggarakan oleh Dinas Kepemudaan,Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Sanggau. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Sanggau, Drs.Yohanes Ontot, M.Si, di Hotel Emerald Sanggau,Kamis pagi (27/2/2020).

Pada kesempatan tersebut dihadiri Kepala Dinas Porapar Kabupaten Sanggau, F. Meron, S.Sos, M.Si, Pimpinan Cabang Bank Rakyat Indonesia Sanggau, Eko Hary Wijayanto dan Assistant Manager Bisnis Mikro,Dede E Kusuma selaku narasumber,Staff Google Wilayah Kalbar dari Gapura Digital, Jhon Fernandes Dollu Klapping selaku narasumber,Kabid Pariwisata, Deny dan para peserta workshop.


Dalam kata sambutan Kadis Porapar Kabupaten Sanggau, F. Meron menyampaikan bahwa tujuan diadakannya workshop pemasaran produk kreatif selain pengenalan ulang tentang apa yang dimaksud dengan ekonomi kreatif, diharapkan dapat memberikan pembelajaran kepada peserta workshop tentang cara dan memasarkan produk mereka melalui jejaring internet serta media sosial sehingga pasar yang diperoleh lebih luas serta dapat mengenalkan produk mereka keluar daerah bahkan sampai keluar negeri,ucapnya.

“Dengan terpromosinya produk kreatif tentunya dapat mendukung penghargaan terhadap konsep dan ide penciptaan serta giat kreatif masyarakat dan pada akhirnya dapat meningkatkan perekonomian para pelaku kreatif. Disisi lain juga dapat menarik minat wisatawan yang ingin menikmati langsung produk kreatif yang diciptakan ditempat asalnya diciptkan,”

Untuk workshop akses permodalan, lanjut dikatakannya,kegiatan ini berusaha untuk membuka akses mengenalkan pelaku usaha kreatif dengan pihak permodalan terutama perbankan, untuk syarat-syarat berlaku akan disampaikan oleh pihak perbankan langsung sebagai pemberi modal usaha,Tujuannya agar usaha yang sudah dirintis akan lebih berkembang dengan pendampingan modal yang baik.

“Adapun tujuan utama dari kegiatan ini adalah menghubungkan pariwisata dan ekonomi kreatif dengan sasaran pengembangan pariwisata tidak hanya dari segi objek fisiknya namun dari sumber daya manusia pendukung,” ujarnya.

Ia juga mengatakan workshop tersebut diikuti 50 peserta dari lima sub sektor yang sudah dipilih yakni fashion (5 orang), kriya (12 orang), kuliner (26 orang), seni pertunjukan (3 orang), fotografi (4 orang) yang masing-masing peserta ini berasal dari kecamatan yang berbeda yaitu Kecamatan Beduai, Mukok, Tayan Hilir, Meliau dan Kapuas.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot menyampaikan sebagai pemerintah menginginkan bagaimana industri pariwisata tersebut bisa memberdayakan masyarakat.

“Ingin kita lakukan bagaimana lembaga ini dapat memberdayakan kesemua sektor yang terkait dibidang pariwisata,” kata Wabup Sanggau, Yohanes Ontot.

Wabup, Yohanes Ontot berharap dengan melalui kegiatan workshop tersebut untuk dapat memfasilitasi para pelaku usaha kreatif industri pariwisata di Kabupaten Sanggau untuk memperoleh informasi terkait akses permodalan dan pemasarannya.

“Dimana sebuah lembaga ini mampu mempromosikan terkait usaha kreatif industri pariwisata dengan melalui media elektronik, sehingga pasar yang diperoleh lebih luas serta dapat mengenalkan produk mereka keluar daerah bahkan sampai keluar negeri,” harapnya.

Sementara itu, ia juga mengatakan setelah mengikuti workshop tersebut agar ketika dilapangan nantinya dari berbagai sektor produk kreatif ini dapat bergerak.

“Kita berharap dengan melalui kegiatan workshop ini bermanfaat bagi pelaku usaha kreatif, sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan perekonomian masyarakat,” ucapnya.

Sumber : Diskominfo Sanggau
Editor.   : Cecep
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini