-->
    |

Hilang Tiga Hari, Sumijem Ditemukan di Hutan Dalam Keadaan Linglung

Sumijem (tengah) akhirnya ditemukan di tengah hutan Girijati, Purwosari, Gunungkidul. (foto: Suara.com)
Purwosari, Gunungkidul (Kapuasrayatoday.com) - Sumijem (70) yang dikabarkan menghilang sejak tiga hari lalu, Kamis (5/3/2020), akhirnya ditemukan, Sabtu (7/3/2020).

Nenek asal Dusun Poyahan, Desa Seloharjo, Pundong, tersebut ditemukan dalam kondisi selamat.

Seperti dilansir dari harianjogja.com, Sumijem ditemukan sekitar pukul 09.10 WIB di hutan yang ada di Dusun Girijati, Purwosari, Gunungkidul. Ia ditemukan sekitar tiga kilometer dari kediamannya.

Kepala Seksi Operasional Search and Rescue (SAR) Bantul, Bondan Supriyanto mengatakan saat ditemukan oleh tim sekitar hutan, korban dalam kondisi lemas, linglung dan kebingungan serta tidak mampu lagi berjalan. Kemungkinan besar, saat hilang selama tiga hari, korban tidak mendapat asupan makanan.

"Saat ini Sumijem sudah dibawa ke puskesmas untuk pengecekan kesehatan lebih lanjut," terangnya.
Bondan mengungkapkan operasi pencarian Sumijem dilakukan sejak Jumat (6/3/2020).

Dalam pencarian hari kedua, yakni Sabtu, ia membagi tim pencari yang berjumlah sekitar 50 personel menjadi tiga search and rescue unit (SRU/unit pencari) yang bertugas melakukan pencarian melalui operasi penyisiran jalur darat.

Ketiga SRU itu disebar di dua titik yang berbeda, yakni dua SRU di Hutan Kelar dan satu SRU di hutan yang berada di barat Gua Jepang I.

"Jalur pencarian cukup sulit. Banyak medan terjal dan curam," kata dia.
Dengan ditemukannya Sumijem maka operasi pencarian orang hilang wilayah Seloharjo Pundong ditutup.

Tim pencarian sendiri melibatkan berbagai unsur dari TNI-Polri, Basarnas, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul, SAR DIY, SAR MTA, PMI, SAR Semesta, Pitoe Rescue, Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Selharjo, IOF Rescue, Karangtaruna Seloharjo, dan masyarakat setempat.

Sumber:  Suara.com
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini