-->
    |

Koramil 1202-16 Pemuar Sosialisasikan Program Desa Mandiri langit biru

Melawi,Kapuasrayatoday.com - Program Desa Mandiri Menuju Langit Biru di Bumi Khatulistiwa, yang digagas oleh Pangdam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad, terus disosialisasikan ke seluruh jajaran.

Kali ini, sosialisasi dilaksanakan di Komando Rayon Militer 1202-16/Pemuar, di ruang data Koramil Pemuar, Kecamatan Belimbing, Kabupaten Melawi pada Sabtu (7/3) 2020.

Kegiatan dihadiri Kapolsek Belimbing, instansi terkait, Camat Belimbing Hulu, Perwakilan Camat Belimbing, serta berbagai organisasi masyarakat.
desa mandiri menuju langit biru di Bumi Khatulistiwa, merupakan program TNI di wilayah Kalbar untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla, yang hampir setiap tahun terjadi di wilayah Kalbar.

Sosialisasi disampaikan oleh Danramil 1202-16/Pemuar, Pelda Suki Widodo.

Ia mendorong, agar di Kecamatan Belimbing, terjadi percepatan peningkatan status kemajuan, dan kemandirian desa dengan menargetkan Zero Hotspot di wilayah Kalbar. “Menangani Karhutla, perlu adanya kerjasama, dengan melibatkan segala lini di daerah. Mulai dari TNI, Polri, Pemerintah Daerah, Pengusaha, Ormas dan lapisan masyarakat, serta peran serta dari Media.

Kita berharap semua lini, bisa berperan aktif, untuk ikut membantu mewujudkan zero Hotspot menuju langit biru,” harapnya.

Selain itu, Danramil juga menyampaikan sejumlah materi, yang diantaranya, terkait dengan arahan Presiden Republik Indonesia, strategi penanganan Karhutla, relawan, tanggap bencana, tingginya potensi bencana asap, dan upaya patroli wilayah. “Karhutla menjadi sorotan dan titik fokus utama kita semua. Untuk itu kita berharap musibah karhutla berkurang, bahkan tidak ada lagi pada tahun 2020 dan seterusnya,” paparnya.

Sementara itu, Agus Badrun, selaku Camat Belimbing Hulu mengatakan, pihaknya sangat mendukung langkah yang dilakukan pihak Koramil dalam melakukan pencegahan terjadinya Karhutla.

Menurutnya, sinergi dua program, yakni pencegahan karhutla dan Desa Mandiri Langit Biru sangat baik. “Kami sangat mendukung dan akan bersinergi dengan TNI dan Polri. Adanya desa mandiri dan Program Langit Biru, akan membuat desa semakin maju dan berkembang, sehingga masyarakat akan lebih sejahtera,” ucapnya.

Ditempat yang sama, Kapolsek Belimbing, Iptu Hariyanto menyampaikan, Sepanjang tahun 2019 kasus Karhutla yang terjadi di wilayah hukum Polsek Belimbing cukup tinggi. Untuk itu, Ia berharap semua pihak bisa mensosialisasikan program desa mandiri menuju langit biru, sebagai wujud dukungan dan komitmen, dalam menciptakan suasana yang bersih dan sehat dari polusi asap pungkasnya.

Sumber.    Koramil Pemuar Melawi
Editor.       Sudarno
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini