-->
    |

Pemkab Landak Akan Lakukan Rapid Test Untuk ODP Covid-19

Bupati Landak, Karolin Margret Natasa melakukan cek suhu di posko Covid-19 Landak. (foto: Suarakalbar.co.id)
Landak, Kapuasrayatoday.com - Demi memastikan penyebaran virus corona (Covid-19), Pemerintah Kabupaten Landak akan melakukan Rapid test untuk mengecek seseorang apakah terinfeksi atau tidak virus corona (Covid-19).

Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Landak Subanri saat ditemui di Ngabang, Rabu (25/03/20) kemarin, dirinya mengatakan saat ini sedang menunggu alat Rapid test tersebut.

"Kita lagi menunggu Rapid testya karena alatnya belum datang, mungkin dua minggu lagi karena sekarang seluruh dunia memerlukan rapid test terutama Indonesia, dan memang di Jakarta sudah ada karena mereka kasus positifnya sudah ada," ucap Subanri.

Saat ini pemerintah daerah Kabupaten Landak melaui Dinas Kesehatan telah memesan sebanyak seribu alat Rapid tes atau alat tes cepat tersebut kepada pemerintah pusat. Jika alat rapid test ini sudah datang akan diprioritaskan kepada tenaga medis yang melakukan kontak langsung dengan pasien , dan kemudian orang dalam pemantauan (ODP).

"Tekniknya nanti kegiatan ini harus dilaksanakan oleh tenaga kesehatan. Tergantung sasarannya, mungkin yang utama tenaga medis dan tenaga kesehatan lainnya kemudian yang ODP dan keluarganya, kemudian baru yang lainnya," terang Subanri.

Sebelumnya Bupati Landak telah melakukan Re-alokasi anggaran sebanyak dua puluh milyar lebih yang  bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kabupaten Landak dikhususkan untuk pembiayaan penanganan virus corona (Covid-19). Salah satu peruntukannya yaitu penyediaan peralatan medis yang memadai demi pencegahan penularan virus corona.

Terkait peyediaan alat rapid test, Bupati Landak dr. Karolin Margret Natasa mengungkapkan bahwa ini merupakan inisiatif pemerintah daerah sendiri sebagai langkah untuk melakukan pencegahan penularan Covid-19 di Kabupaten Landak, walaupun nantinya akan ada juga bantuan khusus dari pemerintah pusat.

"Alat Rapid test sudah kita pesan sekitar seribu unit, ini merupakan inisiatif Pemerintah Kabupaten Landak untuk mencegah penularan Covid-19, walaupun nanti ada juga bantuan dari pemerintah pusat. Semoga alatnya segara datang dan dapat melakukan pengecekan dengan cepat," ujar Karolin.

Rapid test corona adalah metode tes yang dilakukan secara masal untuk melakukan tes virus corona (Covid-19) di dalam tubuh seseorang. Metode rapid test sendiri adalah cara yang ditiru pemerintah Indonesia dari Korea Selatan. Alat uji cepat atau rapid test ini telah mulai digunakan untuk memetakan penularan virus corona (Covid-19) di sejumlah daerah dan rumah sakit di Indonesia.

Sumber:  Suarakalbar.co.id

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini