|

Pemkab Mempawah Tunda Festival Sahur-Sahur 2020

Festival Sahur-Sahur 2019 lalu di Mempawah. (foto: Suarakalbar.co.id)
Mempawah, Kapuasrayatoday.com - Pemkab Mempawah memutuskan menunda pelaksanaan Festival Sahur-Sahur ke-18 tahun 2020. Penundaan ini dilatarbelakangi pandemi wabah Covid-19 di masyarakat.

Sejatinya, festival sahur-sahur yang dilaksanakan setiap tahun oleh Pemerintah Kabupaten Mempawah bekerjasama dengan Galaherang Kreasindo Mempawah itu akan dihelat pada tanggal 1-2 Mei mendatang. Festival ini merupakan salah satu agenda pemerintah daerah dalam menarik daya kunjungan wisatawan lokal bahkan mancanegara.

Penundaan festival sahur-sahur tahun 2020 telah ditetapkan melalui Surat Edaran Bupati Mempawah Nomor 556/1688/Dikporapar tertanggal 23 Maret 2020. Ada tiga poin penting yang disampaikan dalam surat edaran yang ditandangani Bupati Mempawah, Hj Erlina .

Tiga alasan penundaan yakni, sejalan dengan kebijakan Pemerintah Kabupaten Mempawah untuk menunda semua jenis dan bentuk kegiatan yang bersifat pengumpulan massa dan melibatkan banyak orang.

Kemudian, para orang tua diharapkan bekerjasama mengawasi anak-anak yang saat ini libur sekolah agar tidak keluyuran di luar rumah dengan alasan mempersiapkan keikutsertaan festival sahur-sahur 2020. Serta, penundaan festival sahur-sahur 2020 hingga batas waktu yang belum ditentukan.

“Kemarin, Kepala Disdikporapar telah melakukan koordinasi dengan Bupati Mempawah terkait pelaksanaan festival sahur-sahur 2020 ini. Hasilnya, diputuskan agar festival ditunda pelaksanaan,” tegas Kepala Disdikporapar melalui Kepala Bidang Pariwisata, Raja Fajar Azansyah, Selasa (24/03/2020) di Mempawah.

Fajar menjelaskan, salah satu alasan mendasari penundaan penyelenggaraan festival sahur-sahur 2020 berkaitan dengan kasus pandemi Covid-19 serta menjalankan kebijakan Pemerintah Kabupaten Mempawah dalam upaya antisipasi dan penanganan Covid-19 di Kabupaten Mempawah.

“Di samping itu, kami banyak mendapatkan keresahan dari para orangtua. Sebab, anak-anak mereka kerap keluar rumah dengan alasan latihan kelontong dan mencari bambu untuk persiapan mengikuti festival sahur-sahur 2020,” bebernya.

“Terkait penundaan ini, kami juga telah melakukan koordinasi dan komunikasi bersama pelaksana Galaherang Kreasindo. Rencananya, pertemuan akan kami laksanakan pada pukul 13.00 WIB siang ini di ruang kerja Kadis,” tutupnya.

Sumber:  Suarakalbar.co.id

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini