-->
    |

Wagub Kalbar : Negara Menjamin Keterwakilan Perempuan di Pemilu

Wakil Gubernur Kalbar H Ria Norsan
saat di wawancarai awak Media (foto: Suarakalbar.co.id)
Pontianak,Kapuasrayatoday.com - Wakil Gubernur Kalbar H Ria Norsan mengatakan, sesuai UU di Bidang Politik secara tegas memberikan jaminan terhadap kesetaraan perempuan dan laki-laki dalam pemilu, namun kenyataannya, keterlibatan perempuan dalam politik dan pengambilan keputusan pada jabatan publik, baik legislatif maupun eksekutif masih rendah.

"Demokrasi menuntut sistem perwakilan yang memungkinkan semua kelompok masyarakat terwakili," kata H Ria Norsan, saat membuka Kegiatan dan Pemberdayaan Perempuan di Bidang Politik, di Hotel Orchadz Pontianak belum lama ini.

Dikatakannya, tujuannya agar dalam pengambilan keputusan tidak ada kelompok yang ditinggalkan. Namun sejak gagasan demokrasi dipraktikkan, parlemen tidak pernah mewakili semua kelompok yang ada di masyarakat.

"Kenyataan ini menyebabkan parlemen sering mengeluarkan kebijakan yang justru mendiskriminasi kelompok masyarakat yang diklaim diwakilinya," jelasnya.

Rendahnya perwakilan perempuan tersebut tidak semata-mata merugikan kelompok perempuan, tetapi juga masyarakat secara keseluruhan. Kepedulian perempuan terhadap isu-isu kesejahteraan, pendidikan, kesehatan, antikekerasan, dan lingkungan, tidak bisa berbuah menjadi kebijakan selama mereka idak terlibat langsung dalam pengambilan keputusan.

Pengalaman hidup dan kepedulian perempuan yang khas menjadikan mereka harus memperjuangkan sendiri apa yang diinginkannya.

Sumber: Suarakalbar.co.id

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini