-->
    |

Kampong Tanglong Ala Seniman Mempawah, Ini Penampakannya

Kampung tanglong ala seniman Kota Mempawah di jalan Sujarwo. (foto: Suarakalbar.co.id)
Mempawah, Kapuasrayatoday.com - Di tengah pandemi Covid-19, tak menyurutkan semangat seniman di Kota Mempawah untuk berkreasi dan menciptakan karya seni.

Seperti yang dilakukan salah seorang pekerja seni, Adznursyah, yang menciptakan kampong tanglong untuk memeriahkan bulan suci ramadhan 1441 H.

Memanfaatkan lahan pekarangan rumahnya, pria yang akrab disapa Aan ini mengkreasikan puluhan tanglong dan hampir 100 pelita untuk menghidupkan suasana malam di bulan ramadhan 1441 H.
Hasilnya, kelap-kelip lampu tanglong yang disusun rapi itu mirip sebuah kampong yang membawa kita ke suasana ramadhan tempo dulu.

Aan mengatakan, proses pembuatan tanglong telah dilakukannya sejak beberapa waktu lalu. Sebelum memasuki bulan ramadhan, dirinya sudah mempersiapkan berbagai peralatan dan bahan yang dibutuhkan. Termasuk pula membuat wadah-wadah pelita sebagai penerangan tanglong.

Aan memanfaatkan barang-barang yang ada di sekitar tempat tinggalnya untuk membuat tanglong dan pelita. Mulai dari kayu, bambu hingga plastik. Nah, untuk mempercantik tampilan tanglong maka dia mengkreasikannya dengan air brush. Berkat polesan tangan kreatifnya, puluhan tanglong ini tampak indah menghidupkan suasana malam ramadhan 1441 H.

“Tujuan membuat tanglong ini semata-mata untuk menghidupkan kembali suasana ramadhan di masyarakat. Salah satu tradisi masyarakat Kota Mempawah dalam memeriahkan bulan ramadhan adalah menghiasi rumah dengan tanglong dan pelita,” jelas Aan kepada Suara Kalbar, Sabtu (25/04/2020) malam.

Aan berharap, dengan kreatifitasnya menampilkan kampong tanglong itu dapat menambah suasana kemeriahan dan semarak ramadhan 1441 H di masyarakat Kota Mempawah yang saat ini sedang berjuang keras menghadapi pandemi Covid-19.

“Mudah-mudahan keberadaan tanglong ini dapat memberikan semangat dan motivasi bagi seluruh masyarakat untuk tetap melaksanakan rutinitas dengan baik di tengah situasi pandemi ini. Dan terpenting, suasana ramadhan 1441 H tetap penuh semarak dan meriah,” harapnya.

Aan pun mempersilahkan masyarakat yang ingin melihat dan menikmati secara langsung kampung tanglong yang diciptakannya. Masyarakat dapat datang langsung ke Gria Design Ar-Rabbani di Jalan Raden Sujarwo, Kota Mempawah (Samping Rumah Dinas Kapolres Mempawah).

“Bagi masyarakat yang berminat menghiasi lingkungan rumah dengan tanglong, kami siap membantu memproduksi tanglong. Kami bisa mengerjakannya sesuai keinginan dan pesanan pembeli. Baik itu tanglong biasa maupun karakter,” tutupnya.

Sumber: Suarakalbar.co.id

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini