|



Suyitno Temukan Benda Keras Saat Gali Tanah, Ternyata Bom Aktif

Unit Jibom Polda Kaltim mengevakuasi penemuan bom di Balikpapan. (foto: Suara.com)
Jakarta, Kapuasrayatoday.com - Unit Jibom Detasemen Gegana Satbrimob Polda Kalimantan Timur mengevakuasi sebuah bom udara di Jalan Soekarno Hatta Km 7,5 Balikpapan, pada Rabu (17/6/2020).

Hal itu menindaklanjuti laporan masyarakat yang menemukan benda keras dari dalam tanah saat mengerjakan galian tanah untuk membuat pondasi bangunan.

Dansat Brimob Polda Kaltim, Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang mengatakan, evakuasi temuan bom tersebut dilakukan setelah warga bernama Suyitno melaporkan penemuan tersebut kepada pihak berwenang.

"Personil yang mendapat laporan langsung bergerak bersama Tim Jibom untuk melaksanakan evakuasi, panjang bom udara dari hasil identifikasi sepanjang 40 Cm dan dalam kondisi aktif," ucap Dansat sebagaimana dilansir Suaraindonesia.co.id (jaringan Suara.com), Kamis, (18/06/2020).

Dansat juga menyebutkan dari hasil identifikasi diketahui bahwa bom udara tersebut merupakan peninggalan sisa perang dunia II. Evakuasi yang dilaksanakan oleh personilnya pun berjalan aman dan tanpa kendala.

Dansat juga mengimbau agar masyarakat terus kooperatif melaporkan jika menemukan benda sejenis, mengingat selama ini dari hasil identifikasi, bom peninggalan perang dunia tersebut kebanyakan masih aktif dan dapat membahayakan warga.

“Saya harap masyarakat yang menemukan tidak memegang ataupun memindahkan barang tersebut, dan segera berkoordinasi agar dapat secepatnya dievakuasi,” katanya.


Sumber: Suara.com

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini