|



Astronot NASA Lakukan Spacewalk untuk Rampungkan Pembaharuan Baterai ISS

Astronot NASA Chris Cassidy dan Bob Behnken saat melakukan spacewalk di luar ISS. (foto: VOA)
Kapuasrayatoday.com - Astronot Badan Antarika AS, Bob Behnken dan Chris Cassidy Selasa (21/7) melakukan kegiatan di antariksa (spacewalk) di luar Stasiun Antariksa Internasional (ISS) dan merupakan kegiatan terakhir mereka untuk menyelesaikan penggantian sistem pasokan listrik ISS.

Kegiatan di luar stasiun antariksa hari Selasa ini adalah yang keempat bagi para astronot dalam waktu kurang dari sebulan, dan yang ke-10 kalinya dalam karier mereka, bersaing dengan rekor AS oleh astronaut penghuni ISS sebelumnya.

Kegiatan ini merupakan yang ke-12 sejak 2017 untuk mengganti baterai ISS, dan misi di luar stasiun yang ke-231 dalam sejarah ISS.

Uni Emirat Arab Luncurkan Misi ke Mars dengan Roket Jepang

Dalam waktu kurang dari dua minggu, Behnken dan rekan astronot komersialnya Doug Hurley, yang memantau kegiatan spacewalk dari dalam ISS, akan meninggalkan ISS dengan kapsul SpaceX Dragon yang sama seperti yang mereka kendarai ketika mereka tiba di ISS pada akhir Mei.

SpaceX hendak melakukan pendaratan di lepas pantai Florida 2 Agustus, pendaratan yang pertama bagi para astronot dalam 45 tahun. Jika cuaca memungkinkan, kapsul Dragon akan mendarat di Teluk Meksiko di lepas pantai Panhandle, Florida.

Pejabat NASA Jim Bridenstine mengatakan begitu kegiatan astronot di antariksa hari Selasa selesai, para astronot akan fokus untuk pulang ke bumi.

Booster tahap pertama yang digunakan untuk meluncurkan Behnken dan Hurley pada 30 Mei melesat untuk kedua kalinya Senin dari Cape Canaveral. Booster itu mendarat di platform terapung di laut Atlantik dimana berlangsung pengangkatan satelit militer Korea Selatan. Booster itu akan digunakan lagi untuk penerbangan lain.

Sumber: VOA

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini