|



Bupati Sanggau Rakor Tentang Penanganan Pasca Bencana Banjir


    Foto: Bupati dan Wakil Bupati Saat Rakor Penandatanganan Pasca Banjir

Sanggau.Kapuasrayatoday.com-
Rapat koordinasi dengan jajaran SKPD tentang Bencana Banjir Bandang Sebagai salah satu langkah membahas penanganan pasca bencana banjir bandang yang melanda Kabupaten Sanggau pada bulan 8 Juli 2020 lalu di Dusun Gramajaya dan Dusun Nekan Desa Nekan Kecamatan Entikong, Pemerintah Kabupaten Sanggau mengadakan Rapat Koordinasi Penanganan Permasahalan Pasca Bencana Banjir, Senin (13/72020). 

Rapat koordinasi yang berlangsung di ruangan rapat Wakil Bupati Sanggau tersebut dipimpin secara langsung oleh Bupati Sanggau, Paolus Hadi S.IP M.Si.

"Kegiatan Rakor sendiri diikuti Sekda Sanggau, Ir. Kukuh Triyatmaka, MM dan sejumlah dinas instansi terkait, seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas Bina Marga Dan Pengairan, Dinas Cipta Karya, Dinas Perkebunan Dan Perternakan, Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan, Dinas Pemerintah Desa , Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, Dan Keluarga Berencana, Dinas Kesehatan, Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil, Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Dan Tim Reaksi Cepat."

Bupati Sanggau Paolus Hadi S.IP M.Si  dalam kesempatan tersebut mengatakan meskipun bencana banjir bandang yang melanda Kabupaten Sanggau hanya sebentar, namun dampak yang dirasakan cukup sangat besar dan masih dirasakan hingga saat ini. 

Kondisi ini tidak hanya dirasakan oleh masyarakat yang menjadi korban bencana banjir tersebut, melainkan juga turut timbul permasalahan, sejumlah infrastruktur yang juga rusak seperti pagar SDN 08 Nekan.

Kantor Desa Nekan dan putusnya jembatan penghubung akses utama Dusun Gramajaya menuju Dusun Punti Kayan yang harus segera diperbaiki.

Setidaknya ada dua dusun yang terdampak banjir yaitu  dusun Gramajaya ada 135 rumah warga terendam dan di Dusun Nekan 118 rumah warga juga terendam. Oleh karena itu lanjut Bupati, sangat penting bagi seluruh pihak terkait.

khususnya mereka yang memiliki tanggung jawab dan memiliki kewenangan dalam penanganan bencana banjir di Kabupaten Sanggau, untuk dapat benar-benar melaksanakan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan kewenangan mereka untuk menangani permasalahan pasca banjir serta meminimalisir terjadinya bencana banjir di masa yang akan dating,” Ucapnya.

Wakil Bupati Sanggau Drs yohanes ontot M.Si berharap proses bantuan kepada masyarakat harus cepat dilaksanakan karena masyarakat yang terdapak sudah mulai kesulitan dalam memperoleh air bersih serta bahan pangan untuk kehidupan sehari – hari, kemudian untuk rumah yang rusak serta lahan pertanian yang terdampak untuk segera didata kembali agar dapat diperbaiki,”(Cep).
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini