-->
    |

Dinkes Landak Lakukan Persiapan Pemeriksaan Swap Melalui TCM

Ilustrasi Swab. (foto: Suarakalbar.co.id)
Landak, Kapuasrayatoday.com - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Landak, Subanri menyampaikan RSUD Landak rencananya dalam waktu dekat akan dapat menerapkan pemeriksaan swap melalui Tes Cepat Molekuler (TCM).

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Landak secara konsisten melaksanakan kebijakan pemerintah pusat untuk melakukan rapid test sebagai langkah skrining awal Covid-19.

Melalui TCM ini diharapkan dapat mempercepat pemeriksaan swap dari hasil rapid test reaktif untuk mengetahui pasien terkonfirmasi positif Covid-19 ataupun tidak.

"Sarana prasarana penunjangnya sudah datang semua, tinggal penyempurnaan sedikit. Cuma yang menjadi kendala, ini semua harus ditraining terlebih dahulu oleh pihak Provinsi, itu syaratnya. Karena alat swap ini berupa hibah," katanya.

Menurut Subanri, pemberlakuan TCM ini akan menjadikan Landak satu-satunya kabupaten di Kalbar yang akan melakukan pemeriksaan swap.

Subanri juga menyampaikan sejumlah persiapan TCM ini juga telah dilaksanakan, hanya menungggu laporan kesiapan pihak RSUD Landak.  Kemudian ia akan mendatangkan pihak dari Provinsi untuk memberikan pelatihan agar dapat mempercepat pemberlakuan pemeriksaan  swap menggunakan metode TCM di RSUD Landak.

"Saya mengintruksikan pihak Provinsi segera datang melatih, alat (TCM) kemungkinan hari ini selesai. Kira-kira jika sudah 100 persen laporan dari pihak rumah sakit sudah siap, saya akan telepon pihak provinsi agar mendatangkan tim untuk melatih tim kita," tutur Subanri.

Sumber: Suarakalbar.co.id

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini