-->
    |

Kapolsek Siantan Terjunkan Bhabinkamtibmas Ciptakan Joengkat Aman, Sehat dan Bermartabat

Bhabinkamtibmas memasang stiker program kerja Polsek Siantan Polres Mempawah untuk menciptakan masyarakat Kecamatan Joengkat yang aman, sehat dan bermartabat. (foto: Suarakalbar.co.id)
Mempawah, Kapuasrayatoday.com -Mengunjungi masyarakat desa binaan seakan menjadi tradisi, terutama para Bhabinkamtibmas yang menjadi ujung tombak Polri dalam menciptakan situasi kondisi kamtibmas yang kondusif.

Bagi Bhabinkamtibmas di Polsek Siantan, Polres Mempawah, menjalin kepedulian terhadap warga desa binaan dengan menyampaikan pesan-pesan kamtibmas, adalah hal yang utama dan menjadi salahsatu prioritas tugas.

Rutinitas dan keberadaan serta keaktifan Bhabinkamtibmas di tengah-tengah warga seperti itu selain mempererat hubungan silaturahmi antara Polri dan masyarakat, juga sebagai upaya untuk pemeliharaan kamtibmas.

Kapolres Mempawah, AKBP Tulus Sinaga, melalui Kapolsek Siantan Iptu Rahmad Kartono, mengatakan, seluruh Bhabinkamtibmas harus mampu menggalang partisipasi warga agar bersama-sama Polri untuk menjaga harkamtibmas.

Saat ini, program kerja Polsek Siantan dalam menunjang kinerja Kepolisian adalah menciptakan masyarakat Kecamatan Joengkat Aman, Sehat dan Bermartabat.
“Bhabinkamtibmas merupakan ujung tombak Polsek Siantan yang bertugas sebagai perangkat deteksi dini. Maka dengan cara sambang inilah, disampaikan pesan-pesan kamtibmas pada warga yang menjadi binaan. Harapan kami, selalu tercipta situasi dan kondisi kamtibmas yang kondusif,” ujar Kapolsek Siantan.

Menurut Rahmad Kartono, selain menyerap informasi dan silaturahmi, kehadiran Bhabinkamtibmas adalah wujud upaya Polri untuk selalu dekat dengan masyarakat. Apalagi, ini sesuai dengan salah satu Program Prioritas Kapolri Jenderal Polisi Idham Aziz, yaitu Penguatan Harkamtibmas atau pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat.
“Adanya bhabinkamtibmas juga merupakan perwujudan Polri untuk selalu dekat dengan masyarakat. Dan yang lebih penting, kehadiran Polri harus bisa memberikan rasa aman dan nyaman,” ucap Kapolsek yang baru menjabat tiga hari ini.

Dalam keseharian, para Bhabinkamtibmas saat menyambangi warga desa binaannya, mesti berperan serta dalam penyelesaian beberapa permasalahan di lapangan sehingga masyarakat benar-benar merasakan kehadiran Polri.

“Peran Bhabinkamtibmas tersebut meliputi deteksi dini intelijen, konflik sosial, unjuk rasa anarkhis, karhutla, radikalisme, kecelakaan lalu lintas dan pengetahuan adaptasi protokol kesehatan di era New Normal dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19,” tutup Rahmad Kartono.

Sumber: Suarakalbar.co.id

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini