-->
    |

Kodam XII Tanjungpura Cetuskan Satgas Huma Desa Mandiri Menuju Langit Biru di Bumi Khatulistiwa

Foto bersama Pangdam XII Tanjungpura MayJen TNI M.Nur Rahmad ,bersama dengan Gubernur Kalbar Sutarmidji,dan Kapolda Kalbar Irjen Pol. Sigid Tri Hardjanto ,beserta jajaran Forkopimda. (foto: Suarakalbar.co.id)
Pontianak, Kapuasrayatoday.com - Kodam XII Tanjungpura menggelar apel Satgas Huma Desa Mandiri Menuju Langit Biru di Bumi Khatulistiwa. Apel ini turut dihadiri Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji,dan juga Kapolda Kalbar Irjen Pol. Sigid Tri Hardjanto,Rabu (15/7/2020).

Pangdam Kodam XII Tanjungpura, MayJen TNI Muhammad Nur Rahmad mengatakan, Satgas Huma bertujuan untuk mendukung persiapan desa mandiri.
"Satgas Huma ini dalam rangka mendukung persiapan desa mandiri kita sudah bentuk kekuatan ini sampai ke desa-desa," kata Pangdam XII Tanjungpura kepada wartawan.

Selanjutnya ,Mayjen TNI M. Nur Rahmad menuturkan,dalam program desa mandiri menuju langit biru diwilayah Kodam XII Tanjungpura ada 6841 relawan yang terdiri dari jajaran Kodim 1201 Mempawah sebanyak 120 orang , Kodim 1202 Singkawang 105 orang, Kodim 1203 Ketapang 100 orang, Kodim 1204 Sanggau 220 orang, Kodim 1205 Sintang 114 orang, Kodim 1206 Putusibau 5520 orang,dan juga Kodim 1207 BS sejumlah 302 orang.
"Ini murni dari relawan desa yang tugasnya membantu masyarakat desa dalam membuka ladang," lanjutnya.

Ia berharap kepada masyarakat yang ingin membuka ladang untuk dapat bisa meminta bantuan dari Satgas Huma ini guna mengantisipasi kebakaran lahan yang merugikan.

"Diharapkan melalui Satgas Huma ini masyarakat yang membuka ladang ini bisa memberdayakan Satgas Huma ini. Salah satunya mencegah agar apabila masyarakat membakar itu jangan sampai tidak terkendali," terangnya.

Kedepannya, Pangdam XII Tanjungpura menjelaskan bahwa Satgas Huma sudah dilatih untuk membuka lahan tanpa membakar yang merupakan pola budaya baru.

"Mungkin sekarang masyarakat masih ada lah yang tetap membakar,yang seperti ini kita masih lakukan pendampingan. Tapi bagi masyarakat yang sudah mau merubah pola membuka lahan tanpa membakar,maka Satgas ini juga bertugas untuk membantu masyarakat di desa tersebut," tutupnya.

Sumber: Suarakalbar.co.id

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini