-->
    |

Lima CU Dukung Warung Desa di Seluruh Kawasan Kalbar

Lima CU di Puskopin Bumi Borneo yang Mendukung Warung Desa. (foto: Suarakalbar.co.id)
Pontianak, Kapuasrayatoday.com – Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) H. Sutarmidji mewacanakan program Warung Desa di setiap desa yang ada di Kalbar. Program Warung Desa nantinya akan memenuhi kebutuhan sembako dan kebutuhan lainnya bagi masyarakat desa tersebut.

Sutarmidji merencanakan pada tahun depan target program Warung Desa akan direalisasikan sebanyak-banyaknya sehingga terintegrasi dengan adanya desa Desa Mandiri, sehingga memenuhi kebutuhan bahan pokok termasuk ketersediaan LPG 3 Kg dapat ditemukan di Warung Desa dan jika ada bantuan sembako non tunai warga bisa mendapatkannya di Warung Desa tersebut.

Dukungan terhadap keberadaan warung desa ditanggapi Ketua Pusat Koperasi Simpan Pinjam (Puskospin) Bumi Borneo, Gabriel Marto.

Menurutnya di Puskospin Bumi Borneo terdapat lima Credit Union yang bernaung dibawahnya yang sangat mendukung keberadaan warung desa yang merupakan program Gubernur Kalbar, Sutarmidji.
“CU kami ada lima dan kami semua mendukung keberadaan warung desa yang disampaikan Kadiskop Kalbar sehingga mengefektifkan para anggota CU yang berada didesa dalam mengembangkan hasil usaha mereka,” ungkapnya kepada suarakalbar.co.id.

Menurutnya dukungan ini akan terus diberikan dengan mensinkronkan keberadaan para anggota CU di seluruh desa yang ada di Kalbar untuk memanfaatkan warung desa sebagai tempat usaha dari hasil dagangan serta hasil kebun yang mereka lakukan.

“Selama inikan tempat belum tersedia, sehingga dengan adanya warung desa hasil panen ataupun usaha yang dilakukan para anggota mendapatkan tempat. Masyarakatpun dapat memanfaatkan warung desa ini secara maksimal,” jelasnya.

Iapun berharap pemerintah melalui Diskop dan UMKM Kalbar dapat melakukan kerjasama dengan Puskospin Bumi Borneo salah satunya dengan memberikan pelatihan kepada seluruh anggota CU Bumi Borneo.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kalbar, Anfridus Andjioe mengakui jika program warung desa yang menjadi program Gubernur Kalbar itu akan mendukung Dinas Koperasi dan UKM untuk mensosialisasikan kepada seluruh masyarakat agar memanfaatkan warung desa di kawasan masing-masing.

“Sesuai dengan visi misi Gubernur yang akan disinergikan dengan warung desa sehingga menghidupkan CU terhadap para anggotanya sehingga ada simpan pinjam serta inovasi lain memanfaatkan warung desa tentu menuju desa mandiri yang menjadi target diseluruh desa se-Kalbar,” pungkasnya.



Sumber: Suarakalbar.co.id

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini