-->
    |

Peringatan Hari Koperasi ke-73, Ini Pesan Gubernur Kalbar

Gubernur Kalbar Sutarmidji. (foto: Suarakalbar.co.id)
Pontianak, Kapuasrayatoday.com - Hari Koperasi jatuh pada Tanggal 12 Juli dan diperingati setiap tahunnya.

Meski tak dirayakan karena masa Pandemic Covid-19 di Kalbar yang masih ada, tak mengurangi keinginan Gubernur Kalimantan Barat, H Sutarmidji mengucapkan selamat hari koperasi ke 73 tahun.
"Sejatinya koperasi kurang berkembang ditambah lagi ada istilah dengan munculnya UMKM ditengah masyarakat membuat bingung mengartikan antara Koperasi dan UMKM," ungkap Sutarmidji.

Meski koperasi saat ini hampir tidak menunjukan perkembangannya dijelaskan orang nomor satu di Kalbar ini hanya koperasi tertentu saja yang masih mampu bertahan .

“Kalau di Kalbar untungnya masih ada CU yang bisa memberi warna pada koperasi dan bisa berkembang,” jelasnya.

Iapun mengingatkan terhadap penyebutan UMKM dan Koperasi padahal sesungguhnya Koperasi sebagai wadah dari UMKM.  Koperasi yang aktif bahkan semakin tahun semakin kecil bahkan bisa saja 5 tahun mendatang tinggal sejarah.

“Harusnya dari pada menjadi catatan adminstrasi bubar saja bagi yang sudah tidak aktif. Biar saja sedikit tapi aktif . Kita juga nanti akan menghidupkan atau membuat warung desa disemua desa mandiri ,” urainya.

Meski demikian Bang Midji yakin koperasi khususnya di Kabar bisa bangkit kembali dan sedapat mungkin  kepada Dinas Koperasi dan UKM Kalbar untuk dapat mendata kembali koperasi yang aktif di Kalbar.

“Kalau dilihat dari sisi badan hukum koperasi itu sangat kuat tapi sektor yang dijadikan jenis usaha itu juga harus diperhatikan dan itu lebih penting. Dengan harapan dimasa pandemi covid-19 koperasi dan UMKM bisa melakukan inovasi untuk menjawab kebutuhan  masyarakat dalam menghadapi Covid-19," pungkasnya.


Sumber: Suarakalbar.co.id

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini