|



Polres Mempawah Kawal Mobil Jenazah PDP asal Kabupaten Landak

 Mobil Patroli Sabhara Polres Mempawah saat mengawal mobil jenazah PDP menuju Kabupaten Landak. (foto: Suarakalbar.co.id)
Mempawah, Kapuasrayatoday.com -Seorang pasien dalam pengawasan (PDP) di RSUD dr Rubini Mempawah, meninggal dunia, Selasa (7/7/2020). Pasien berjenis kelamin laki-laki tersebut berinsial SM (63), warga salahsatu kecamatan di Kabupaten Landak.

Kapolres Mempawah, AKBP Tulus Sinaga, mengatakan, berdasarkan data dari rumahsakit, SM pertama kali masuk RSUD dr Rubini pada MInggu (28/6/2020). Setelah dilakukan diagnosa awal, ia diyakini menderita hepatitis dan BAB darah.
“Saat menjalani rapid test, pasien berinisial SM ini reaktif, sehingga dirawat di ruang isolasi RSUD dr Rubini dengan status pasien dalam pengawasan (PDP). Sesuai protap yang ada, SM juga diambil sampel swab,” ungkap Kapolres.

Sekitar sepuluh hari mengalami perawatan intensif, kondisi kesehatan SM memburuk. Meski Tim Medis RSUD Mempawah telah berupaya maksimal, tapi Tuhan yang menentukan. Tadi pagi, sekitar pukul 09.30, SM dinyatakan meninggal dunia.

Setelah dilakukan pemulasaran, Tim Medis RSUD dr Rubini berencana membawa pulang jenazah untuk dimakamkan di lokasi pemakaman di Kabupaten Landak beserta tim khusus perawatan Covid-19.
“Setelah mendapat permintaan bantuan pengamanan dari Tim RSUD dr Rubini, maka petugas kami langsung berkoordinasi dengan Anggota Polres Landak terkait proses pemakaman pasien berinisial SM,” ujar Kapolres.

Pukul 12.30 WIB, rombongan ambulan yang membawa jenazah SM berangkat dari RSUD dr Rubini Mempawah menuju Kabupaten Landak dikawal lima anggota Sabhara dipimpin Iptu Gatot Purwanto.


“Meskipun hasil swab di laboratorium belum keluar, namun tindakan pemulasaran jenazah dengan protap Covid-19 merupakan SOP yang harus dilaksanakan. Kami berharap, pihak keluarga maupun masyarakat bisa memahami,” imbuh Kapolres mengakhiri.

Sumber: Suarakalbar.co.id

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini