-->
    |

Polres Sintang Cermati Sikap Tampang Anggota Jajarannya

Sintang, Kapuasrayatoday.com . Sebagai pelayan publik yang cukup banyak berinteraksi dengan masyarakat, personil Polri dituntut untuk memiliki penampilan prima dan enak dipandang. Dengan memperhatikan hal tersebut Bagian Sumberdaya Polres Sintang melakukan pemeriksaan sikap tampang kepada anggota di halaman Mapolres Sintang usai pelaksanaan apel pagi, Rabu (8/7/2020).

Menurut Kepala Bagian Sumberdaya (Kabag Sumda) Polres Sintang, AKP Samsul Bakri, SH,.MH kegiatan ini merupakan bagian dari penegakan ketertiban dan disiplin (Gaktiblin) bagi seluruh personel. Pemeriksaan kali ini meliputi berat badan dan penampilan serta performance seluruh anggota terutama yang terlihat memiliki bobot lebih. Hingga pada pakaian yang dikenakan harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Tadi ada kurang lebih 30-an orang yang kita data dengan catatan untuk memperhatikan berat dan bentuk badan, supaya lebih proporsional. Selain memang kita mau supaya kesehatan mereka jadi terjaga juga, dengan kondisi yang sedikit overweight mereka akan jadi rentan terkena gangguan kesehatan, seperti jantung atau stroke,” kata AKP Samsul. “Sikap tampang dan penampilan seorang anggota Polri ini kan cerminan kesatuannya. Jadi penting untuk kita perhatikan dengan seksama. Apabila pada pemeriksaan berikutnya masih kita temukan, makan akan kita berikan tindakan disiplin yang lebih tegas,” tambahnya.

Di tempat terpisah, Wakapolres Sintang, Kompol Alber Manurung menanggapi hal tersebut dengan mengingatkan bahwa performa personil juga merupakan penunjang penting dalam bertugas. Beliau juga mengingatkan para personil jajaran agar lebih memperhatikan kebugaran dan kesehatan tubuh, agar dapat menunjang tugas sehari-hari secara optimal.

“Penampilan yang menarik itu akan membuat masyarakat merasa nyaman dengan petugas kepolisian, sehingga bila kita sosialisasi, saat kita sambang ke warga, mereka ada rasa bangga karna ada perhatian dari kita. Dengan begitu kita bisa semakin dekat kepada masyarakat, dan tugas kita menjaga kamtibmas pun bisa berjalan dengan lebih baik dan lacar,” kata Kompol Alber. “Kita sudah punya aturan jelas yang berkaitan dengan sikap tampang, sehingga personil itu harus benar-benar menjaga diri. Selain itu, bonus dari implementasi aturan ini kan anggota bisa terjaga kesehatan fisiknya,” lanjutnya sambil tersenyum.

Sumber.   Humas Polres Sintang.
Editor.       Sudarno
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini