-->
    |

Santri Al-Mukhlishin Dapat Edukasi Bercocok Tanam

Edukasi penanaman dengan media polybag di Pondok Pesantren Al-Mukhlishin Desa Antibar, Kecamatan Mempawah Timur. (foto: Suarakalbar.co.id)
Mempawah, Kapuasrayatoday.com -Tim 6 Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Mempawah di Kecamatan Mempawah Tmur, Selasa (21/07/2020), melaksanakan kegiatan edukasi bercocok tanam bagi santri dan satriwati Pondok Pesantren Al-Mukhlishin, Desa Antibar, Kecamatan Mempawah Timur.

Anggota Tim 6 Satgas, Asfahani, mengatakan, kegiatan edukasi merupakan bagian dari upaya penguatan sarana penunjang ketahanan pangan di Al-Mukhlisin yang telah ditetapkan sebagai pondok pesantren tangguh.
“Bahkan, Wakapolda Kalbar, Brigjen Pol Imam Sugianto, telah melaksanakan peninjauan di Pondok Pesantren Al-Mukhlishin sebagai pondok pesantren tangguh. Untuk itu, kami perlu memberikan upaya-upaya penguatan,” ungkap Staf Ahli Bupati Mempawah ini.

Salahsatunya adalah dengan memberikan bantuan sarana penunjang ketahanan pangan yang terdiri atas polybag dan bibit tanaman cabe, jahe, terong, kangkung, bayam serta kacang panjang. Dilanjutkan, dengan edukasi bercocok tanam menggunakan polybag.

“Kami berharap, para santri di masa mendatang dapat menjadi pioneer dalam menciptakan ketahanan pangan di Pondok Pesantren Al-Mukhlishin di tengah pandemi Covid-19, dimana saat ini kita sudah memasuki fase Adaptasi Kebiasaan Baru,” jelas Asfahani lagi.

Dalam kesempatan itu juga, Tim 6 Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Mempawah di Kecamatan Mempawah Timur yang dipimpin Kepala Kejaksaan Negeri Mempawah, Antoni Setiawan, berharap santri dan pengelola Pondok Pesantren Al-Mukhlishin dapat melakukan perawatan dengan baik agar tanaman tersebut tumbuh subur.

Asfahani juga menyampaikan imbauan agar dalam melaksanakan proses pendidikan, pengelola dan santri selalu menerapkan protokol kesehatan, misalnya, menyediakan sarana cuci tangan, menjaga physical distancing dan selalu mengenakan masker.

Terlihat hadir dalam edukasi ketahanan pangan tersbut, Camat Mempawah Timur, R Agus Isnanto, KUPT Pertanian Alit Winardi, Kapolsek Ipda Ria Iskandar, Kepala Desa Antibar Julkarnaidi, Bhabinkamtibmas Brigpol Andre serta pimpinan dan para santri Pondok Pesantren Al-Mukhlishin.

Sumber: Suarakalbar.co.id

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini