-->
    |



Satgas TMMD Berikan Penyuluhan Wawasan Kebangsaan Pada Warga Danti

Danramil 1202-07 Sanggau Ledo, Kapten Inf Sarimin memberikan materi wawasan kebangsaan kepada warga Danti Kecamatan Sanggau Ledo, Kabupaten Bengkayang, Jumat (3/7/2020). (foto: Suarakalbar.co.id)
Bengkayang, Kapuasrayatoday.com - Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Desa Danti memberikan penyuluhan wawasan kebangsaan  sebanyak 30 peserta kepada warga Desa Danti dan Desa Goa di Aula kantor Camat Sanggau Ledo, Jumat (3/7/2020).

Danramil 1202-07 Ledo Kodim 1202 Singkawang Kapten Inf Sarmin, selaku pemateri, menjelaskan, penyuluhan wawasan kebangsaan ini merupakan salah satu sasaran non fisik pada TMMD Reguler Ke-108 Kodim 1202 Singkawang.

Digelarnya kegiatan non fisik ini, dimaksudkan untuk menumbuhkan semangat percaya diri pada masyarakat agar mampu mengelola potensi yang dimiliki oleh Desa.

"Serta sebagai kesiapsiagaan dalam menghadapi setiap ancaman dan tantangan yang sedang dan akan dihadapi," kata Danramil 1202-07/ Ledo.

Danramil 1202-07 Ledo juga mengajak para peserta untuk melihat sejarah nusantara dari masa ke masa.

Mulai zaman kejayaan kerajaan nusantara seperti Sriwijaya dan Majapahit, kemudian pada masa merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

Ia menjelaskan, Kemerdekaan Indonesia sebagai jembatan emas yang harus diisi oleh seluruh warga negara yang ada di republik tercinta ini.

"Kita semua bisa mengabdi untuk negeri ini sesuai kapasitas, profesi dan potensi diri, baik itu kalangan TNI, Polri, PNS, pengusaha, pedagang, petani, nelayan dan profesi lainnya," jelasnya.
Dengan demikian, mengisi kemerdekaan tentunya dengan pembangunan di segala bidang, termasuk membangun manusianya.

"Membangun jiwa dan karakternya, melalui pendidikan agama atau kerohanian, kedisiplinan, pendidikan bela negara, penyuluhan wawasan kebangsaan, dan lain-lain.Agar NKRI tetap utuh dan jaya, maka kesadaran berbangsa dan bernegara, persatuan dan kesatuan harus diperkokoh, dari lingkup terkecil mulai keluarga, lingkungan, dusun, desa kecamatan, dan seterusnya sehingga tidak mudah terpecah belah dan diadu domba," paparnya.

Sementara itu, Dandim 1202 Singkawang Letkol Arm Victor J.L Lopulalan selaku Dansatgas Tmmd Ke 108, mengatakan, Bila kerukunan dan persatuan sudah terbangun maka situasi akan aman dan kondusif.

"Sehingga pembangunan di daerah yang diprogramkan pemerintah dapat terus berlangsung demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat, salah satunya melalui program TMMD," katanya.

Sumber: Suarakalbar.co.id

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini