|



Waspada Banjir, Forkopimka Belitang Lakukan Patroli Cek Intensitas Air

Sekadau,Kapuasrayatoday.com -
Kembali wilayah Kecamatan Belitang khususnya desa Belitang Dua dilanda banjir dikarenakan meningkatnya curah hujan sehingga intensitas air naik  di beberapa daerah sekitar bantaran sungai Kapuas.

Alhasil beberapa rumah warga yang berada di bantaran sungai seperti di komplek pasar Belitang dusun Kobi dan Rt Plomar dusun Belitang desa Belitang Dua terdampak banjir akibat meluapnya air sungai kapuas.

Menyikapi hal tersebut Polsek Belitang bersama Forkopimka melakukan pengecekan wilayah yang terkena dampak banjir di desa Belitang Dua sekitar tepian sungai kapuas, Selasa (21/7/2020).

Dengan berjalan kaki menyisiri wilayah serta menggunakan speadboot, Forkopimka yang terdiri dari Kapolsek,  Camat, dan Danramil melakukan patroli mulai dari dusun Kobi sampai dengan dusun Belitang desa Belitang Dua.

Adapun daerah yang terkena dampak banjir di wilayah desa Belitang Dua yang diperkirakan kedalaman air mencapai sekitar 1,5 M menggenangi jalan Syukur Yasin arah ke Rt Plomar dusun Belitang yang terjadi hampir sepekan lamanya.

Untuk kerugian materil warga sementara belum ada dan intensitas air akan mengalami kenaikan apabila dilanda hujan terus-menerus serta sebagian merupakan banjir kiriman dari Kabupaten Kapuas Hulu, Sintang dan Melawi.

Selain pemukiman warga, Puskesmas Kecamatan Belitang juga terkena dampak banjir tetapi pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan seperti biasanya dengan menerapkan protokol kesehatan ditengah pandemi Covid-19.

Camat Belitang Hermansyah mengungkapkan agenda patroli yang dilakukannya bersama Forkopimka dan Kades Belitang Dua Effendi untuk mengetahui kondisi wilayah dan warga yang terkena dampak banjir.

Hermansyah juga menyampaikan bahwa imbas dari banjir dapat mengakibatkan terhambatnya transportasi darat dan disektor perekonomian seperti aktivitas petani menjadi terhambat.

Kapolsek Belitang IPTU Suritno juga mengungkapkan bahwa akan menurunkan personelnya bersama instansi terkait untuk mengantisipasi luapan air sungai kapuas serta membantu evakuasi warga.

Tidak lupa Kapolsek juga berpesan kepada warga untuk meningkatkan kewaspadaan apabila intensitas air sungai kapuas naik serta mengamankan barang elektronik yang berada dirumah.(dk)

Editor.     Sudarno
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini