-->
    |

Waspadai Bahaya Banjir, Polres Sintang Lakukan Sosialisasi ke Warga Yang Tingal Dibantaran Sungai

Sintang,Kapuasrayatoday.com -
Sejak Sabtu (4/7/2020) malam jajaran Polsek Sepauk berjibaku melakukan pencarian korban tenggelam di Sungai Sepauk Desa Lengkenat Kecamatan Sepauk Kabupaten Sintang.

Proses pencarian bersama Tim SAR gabungan yang terdiri dari personil Polsek, Koramil, Basarnas, Damkar dan Pol PP Sintang itu mengalami kendala  karna kondisi air sungai yang meluap dan arus yang terlalu deras.

“Sejauh ini tindakan penyelaman belum dimungkinkan, karna kondisi medan masih dapat membahayakan tim pencari,” ungkap IPDA S. Herubimo, Wakapolsek Sepauk saat memimpin apel pagi persiapan giat lanjutan, Senin (6/7/2020) pagi.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Godeng (67 th) warga desa Lengkenat Kecamatan Sepauk, diduga tenggelam saat bersampan di sungai Sepauk sejak Sabtu (04/07/2020), dan sampannya ditemukan dalam keadaan terbalik di sungai. Tim gabungan pun dibentuk untuk melakukan pencarian, namun hingga saat ini belum membuahkan hasil kata Ipda S.Herubimo.

Mengantisipasi kejadian serupa, Polsek Serawai, Senin (6/7/2020) pagi melakukan patroli sungai untuk mengetahui debit air di Sungai Melawi. Giat ini langsung dipimpin oleh Kapolsek Serawai, Iptu M. Rasyid.

“Kecamatan Serawai didominasi oleh wilayah perairan, sehingga sangat rawan terjadi kecelakaan di sungai. Selain juga sangat rawan pelanggaran hukum seperti ilegal logging, penyelundupan BBM maupun kejahatan lainnya,” kata Iptu M. Rasyid. “Anggota dalam patroli tersebut juga melakukan sambang terhadap warga agar terjalin kemitraan antara kepolisian dengan masyarakat,” imbuhnya

Giat serupa dilakukan pula di hulu Sungai Kayan. Intensitas hujan di wilayah Kayan hulu  yang relatif tinggi akhir-akhir ini memicu personil Polsek Kayan hulu himbau warga untuk waspada dan siap siaga akan terjadinya bencana banjir, Senin ( 06/07/2020 ).

Bhabinkamtibmas , Brigpol  Dodi Januardi melakukan sosialisasi pencegahan dan penanggulangan bencana alam, khususnya antisipasi bahaya banjir kepada warga binaannya. Dalam soaialisasinya,  Brigpol Dodi Jamuardi  menghimbau masyarakat agar dimusim hujan  ini selalu waspada serta senantiasa membersihkan sampah sampah di parit untuk menghindari air meluap.

Polsek Sintang Kota yang menaungi area percabangan Sungai Kapuas dan Melawi pun segera ambil langkah untuk menghimbau masyarakat. Senin (06/07/2020), sekitar pukul 10.00 wib Bhabinkamtibmas Polsek Sintang Kota Bripka Imran Ahmad dalam giat patroli dan sambang warga yang dilakukannya, mengingatkan agar masyarakat lebih waspada pada naiknya debit air sungai juga kerentanan longsor di beberapa titik tebing bantaran sungai.

“Kita lakukan antisipasi sedini mungkin agar, masyarakat di bantaran Sungai Kapuas dan Melawi sudah sigap dan waspada untuk kejadian-kejadian tak terduga seperti banjir dan longsor,” ujar Bripka Imran.

Sumber       Humas Polres Sintang.
Editor.          Sudarno
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini