-->
    |

Dalam Kondisi Koma, Pengecam Kremlin Navalny akan Diterbangkan ke Jerman

Alexei Navalny, seorang pengecam Kremlin. (foto: VOA)
Kapuasrayatoday.com - Dokter-dokter di Rusia mengatakan hari Jumat (21/8), Alexei Navalny, seorang pengecam Kremlin akan diterbangkan ke Jerman untuk mendapat perawatan medis, setelah para sekutu politisi oposisi itu menuduh pemerintah Rusia melarang Navalny dirawat di luar negeri.

Navalny tidak dalam bahaya, namun dalam keadaan koma dan otaknya dalam kondisi stabil, kata staf medis di sebuah rumah sakit di kota Omsk di Siberia.

Kira Yarmysh, juru bicara Navalny mengatakan, ia memperkirakan Navalny akan diterbangkan Sabtu pagi. Penentang lama Presiden Vladimir Putin dan juru kampanye melawan korupsi itu pingsan di pesawat hari Kamis (20/8), setelah minum teh yang diyakini oleh sekutunya, mengandung racun.

Dokter-dokter Jerman datang untuk menyelamatkan Navalny, 44 tahun, atas permintaan istri dan sekutunya yang mengatakan, mereka khawatir otoritas Rusia menutupi gejala-gejala penyebab sakitnya dan peralatan rumah sakit yang tidak memadai.

Staf kedokteran di RS Omsk pada awalnya mengatakan hari Jumat, sementara kondisi Navalny sedikit membaik semalam, namun kondisinya masih belum stabil untuk diterbangkan dengan aman ke luar Rusia.

Tetapi pada Jumat malam mereka mengatakan tidak keberatan Navalny dipindahkan, setelah dokter Jerman diberi akses ke Navalny dan menyatakan bahwa kondisinya cukup sehat untuk bepergian.  (VOA)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini