-->
    |

Survey ISS : Swing Voter Penentu Kemenangan Pilkada Sekadau

Sekadau, Kapuasrayatoday.com- 
Jelang Pilkada serentak 9 Desember 2020, lembaga survey Indo Survey Strategi melakukan survey terhadap bakal calon bupati.

Dari hasil survey tersebut, diketahui angka swing voters atau pemilih mengambang masih cukup tinggi bahkan dibeberapa kriteria survey angka swing voter justru ungul dari nama bupati sekadau Rupinus.

Pada kriteria survey elektabilitas cabup misyalnya, nama bupati Sekadau Rupinus hanya berada pada angka 45,52 persen, sedangkan swing voter berada pada angka 32,45 persen.


Dari tren dukungan misalnya nama Rupinus berada pada kisaran angka 40,45 persen, swing voter pada kisaran angka 32,73 persen.


Pada kriteria pemilih militan, Rupinus berada pada angka 31,65 persen, sedangkan swing voter 59,89 persen.


Dari data yang disajikan oleh lembaga survey ISS pada rabu (5/8) dari dua tahap survey yang dilakukan, nama bupati Sekadau Rupinus hanya berada pada kisaran angka 45 persen.

“Kalau kita melihat dari data hasil survey, angka swing voters masih tinggi di angka 50 persen lebih,” ujar Karyono Wibowo, Direktur Strategi ISS saat jumpa pers di Sekadau Rabu (5/8).

Dengan masih tingginya angka swing voters, dipastikan akan menjadi penentu kemenangan. Siapa pun kandidat yang bisa merebut swing voters, berpotensi menjadi pemenang, tegas Karyono.

Survey ISS dilakukan dua tahap, Desember 2019 dan Juli 2020. Metode survey yang digunakan melalui wawancara lapangan, multistage random sampling serta metode survey lainnya.

Dalam survey tersebut, ISS mengerucutkan ke sejumlah kandidat. Paling utama adalah pasangan incumbent Rupinus-Aloysius (RA) dan Aron-Subandrio (PAS).

Penulis.    Sudarno
Editor.       Tim Redaksi
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini