-->
    |

Badai Paulette Menuju Bermuda, Badai Sally Ancam Pesisir Teluk

Badai Paulette yang berkecepatan 130 kilometer per jam hari Minggu (13/9) bergerak di sepanjang jalur menuju Bermuda. (foto: VOA)
Kapuasrayatoday.com - Badai Paulette yang berkecepatan 130 kilometer per jam hari Minggu (13/9) bergerak di sepanjang jalur menuju Bermuda. Badan ramalan cuaca mengatakan ancaman terbesar adalah angin kencang, gelombang badai, curah hujan hingga 15 sentimeter, dan arus ombak yang mengancam jiwa.

Badai Paulette kini berada sekitar 385 kilometer tenggara Bermuda dan bergerak ke barat laut dengan kecepatan 23 kilometer per jam. Ini adalah yang terkuat dari enam kekuatan lain yang dilacak di Samudera Atlantik dan Teluk Meksiko hari Minggu ini.

Sementara itu New Orleans dan daerah-daerah di sekitarnya bersiap menyambut kedatangan badai Sally, yang diperkirakan akan menjadi angin topan pada hari Senin (14/9) dan mencapai daratan Selasa pagi (15/9). Badai ini diperkirakan akan menyapu Morgan City di Louisiana, hingga ke Oceans Springs di Mississippi. Kondisi badai tropis ini juga diperkirakan akan dirasakan kawasan itu pada hari Senin.

Gubernur Louisiana John Bel Edwards telah menyatakan kondisi darurat dan pejabat-pejabat New Orleans telah mengeluarkan perintah evakuasi wajib bagi daerah-daerah yang berada di luar perlindungan bendungan. Badai Sally kini berkecepatan 95 kilometer per jam, tetapi diperkirakan akan mencapai tingkat berbahaya, sebagian karena gelombang pasang. Air setinggi 3,4 meter diperkirakan akan terjadi di hulu Sungai Mississippi ke Oceans Spring, Mississippi, termasuk di Lake Borgne.

Selain kedua badai itu, sebuah badai tropis lainnya – Rene – diperkirakan akan melemah hari Senin.
Meskipun badai Twenty justru akan menguat pekan ini dan melemah menjadi badai tropis pada hari Selasa. (VOA)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini