-->
    |

Seminar Dan Bimtek Forum Wartawan & LSM Berjalan Dengan Sukses

Foto: Sukahar kiri,Wan Daly Tengah,Rido Kanan Penyelenggara Kegiatan

Sanggau.Kapuasrayatoday.com-Tindak Pidana Korupsi merupakan kejahatan yang sangat luar biasa, dan telah merambah ke berbagai sektor dari tingkat atas sampai kebawah, Karena dapat merugikan negara dan berdampak kepada masyarakat secara umum, melalui Forum Wartawan & LSM ini untuk mendapatkan ilmu tentang Jurnalist dan investigasi LSM Selama Dua Hari dari Tanggal 26-27 September 2020 di Hotel Garden palace.


Tindak pidana Korupsi yang tergolong dalam extra ordinary crime ini, bukan saja mengharuskan penindakan yang serius oleh aparat hukum dengan segala komitmen dan integritasnya, namun memerlukan upaya pencegahan sebelum terjadi praktik korupsi itu.

Seminar dan Bimtek Forum Wartawan dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang telah dilaksanakan ini, merupakan salah satu wujud peran serta masyarakat sipil dalam pencegahan dan pemberantasan anti  korupsi, yang sebagaimana telah diatur dalam pasal 41 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999.

Pembentukan dan Pelantikan Satgas Forum Wartawan & LSM,hal itu juga dikatakan Ketua Umum Presidium FW-LSM Kalbar, Yayat Darmawi, SE, SH, MH dalam kata sambutannya pada pembukaan Seminar dan Bimtek seminar Forum Wartawan dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Kalimantan Barat  yang dilaksanakan di Hotel Garden Palace Sanggau.

Tujuan kegiatan ini adalah memberikan sarana edukasi secara mendalam peserta Jurnalis dan LSM untuk membangun gerakan antikorupsi disemua kalangan masyarakat,serta mensosialisasikan strategi inisiatif dan inovatif dalam pencegahan korupsi dan melakukan koordinasi dengan instansi terkait  terutama sektor pengadaan barang dan jasa (PBJ) dan  ini merupakan agenda rutin FW-LSM yang dilaksanakan dua kali dalam setahun dengan tempat yang bergantian, Ucap Yayat.

Pembukaan langsung kegiatan FW-LSM oleh Raja Sanggau Drs. H Gusti Arman.Msi,dan dihadiri juga Danramil 1204/Sanggau Kapten Inf Eko, S.P,.Kapolres Sanggau diwakili Kasat Binmas Iptu Priyono,Kejari Sanggau diwakili Kasi Pidsus Kadek Agus Ambara Wisesa SH.

Raja Sanggau Drs. H Gusti Arman. Msi dalam sambutannya mengatakan,Forum Wartawan dan LSM yang tergabung dalam sebuah forum ini sangat luar biasa, dirinya sangat memberikan apresiasi kepada pihak penyelenggara,yang telah menggabungkan kedua Profesi yang berbeda dan disatukan untuk melakukan pencegahan AntiKorupsi di negeri ini, katanya.

Ini merupakan wadah yang sangat luar biasa, tempat untuk bergabungnya para sosial kontrol memonitor jalannya pembangunan untuk bisa meminimalisir terjadinya Korupsi.

Korupsi lanjutnya tidak bisa di berantas, tapi bisa dicegah, disinilah peran kita Masyarakat, Ucapnya.

Raja juga mengatakan banyak pejabat di negeri ini yang tidak takut dengan tuhan, baik pejabat legislatif maupun juga eksekutif.

Walaupun sebelum ia memegang jabatan sudah di sumpah terlebih dahulu dengan kitab suci sesuai dengan agama dan kepercayaan nya, namun masih saja ada yang melakukan tindak pidana Korupsi, memanfaatkan jabatannya dengan menggunakan uang rakyat untuk kepentingan pribadi atau kelompok tertentu, Ucapnya.

"Pesan dari Raja Sanggau Seminar ini merupakan peran aktif masyarakat yang sangat luar biasa, dan saya merasa bangga atas kepercayaan pihak penyelenggara yang telah memberikan kepercayan kepada saya untuk membuka acara Seminar dan Bimtek Forum Wartawan & LSM ini." Ucapnya.(Cep)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini