|



AMSI dan Google akan Gelar CekFakta Debat Kandidat Pilkada Sekadau


Pontianak
, Kapuasrayatoday.com - Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) didukung oleh Google News Initiative (GNI) akan menggelar program CekFakta pada Pilkada Sekadau, Kalimantan Barat pada saat Debat Publik Kandidat pada 5 Nopember dan saat hari pemungutan suara pada 9 Desember 2020.

“CekFakta ini salah program AMSI Pusat dalam rangka perbaikan berita bohong atau hoaks pada Pilkada. Para pemeriksa fakta yang dipersiapkan AMSI akan bekerja sesuai jadwal, ”kata Ketua AMSI Wilayah Kalbar, Kundori, Senin (19/10/2020).

Kundori yang juga beroperasi Korwil Kalimantan AMSI Pusat ini membahasakan, untuk wilayah Kalimantan, Pilkada yang menjadi lokasi Cekfakta adalah Pilkada Balikpapan Kalimantan Timur dan Pilkada Sekadau Kalimantan Barat.

“Sebelumnya sudah digodok dengan meping mengenai semua daerah yang akan dijadikan lokasi Cakfakta AMSI ini. Mudah-mudahan program ini bemanfaat dalam upaya menekan angka hoaks selama Pilkada, ”tegas Kundori CEO Suara Media Grup ini.

Sementara itu, Ketua KPU Sekadau Drianus Saban menyambut baik program AMSI yang menjadikan Pilkada Sekadau untuk kegiatan Cekfakta.

“Saat ini tahapan kampaye di Pilkada Sekadau terus berjalan di masing-masing calon bupati dan wakil bupati beserta tim melakukan dialog kampanye. KPU Sekadau juga akan memfasilitasi kandidat debat atau debat publik yang akan digelar pada 5 Nopember 2020 mendatang, ”kata Saban.

Saban menyampaikan, debat publik digelar sekali dalam rangka masing-masing menyampaikan visi dan misi serta program,

Lokasi debat publik akan digelar di ruang berpihak DPRD Sekadau, dalam debat publik tersebut tidak menggunakan panelis tapi langsung moderator. Sedangkan menyusunan materi debat public pihak KPU melibatkan tim dari akademisi, professional dan masyarakat.

“Selama debat publik akan dilihat langsung oleh salah satu televisi swasta lokal Kalbar, media sosial KPU Sekadau,” katanya.

Seperti diketahui, Pilkada Serentak 2020. Kabupaten Sekadau masuk daerah dengan kerawanan tertinggi di Indonesia. Sedangkan urusan politik uang Sekadau peringkat 2 dibawah Sungai Penuh, Jambi.

Terkait IKP yang telah diluncurkan kabupaten Sekadau masuk kerawanan tertinggi terkait tingkat kontestasi dan politik uang,tingginya kerawanan tingkat kontestasi indikatornya adalah adanya 2 paslon yang bersaing di pilkada Sekadau dimana tingkat persaingan cukup tinggi incumbent vs perlawanan yang mempunyai kekuatan koalisi dan masa. 

Sumber.   Rilis AMSI Kalbar

Editor       Sudarno

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini