-->
    |

Badai Molave Mendekat, Vietnam Evakuasi Lebih 1 Juta Orang

Banjir akibat Topan Molave melanda Provinsi Pampanga, Filipina utara pada Senin, 26 Oktober 2020. Badai itu ​​diperkirakan akan menghantam pantai tengah selatan Vietnam (Foto: VOA)

Kapuasrayatoday.com
- Vietnam, Selasa (27/10), bergegas mengevakuasi lebih dari satu juta orang di dataran rendah bagian tengahnya sewaktu sebuah badai kuat bergerak mendekat, sementara beberapa daerah masih menghadapi dampak banjir mematikan baru-baru ini, kata media pemerintah VTV.

Sebuah laporan yang ditayangkan VTV menunjukkan, sejumlah tentara terlihat sibuk membantu para orang tua dan anak-anak di Provinsi Quang Ngai pergi mengungsi dan bergerak lebih jauh ke pedalaman.

Badai Molave diperkirakan akan menghantam pantai tengah selatan Vietnam dengan kecepatan angin hingga 135 kilometer per jam pada Rabu (28/10) pagi, menurut kantor berita resmi Vietnam.

Badai itu menyebabkan sedikitnya tiga orang tewas dan 13 hilang, serta membuat lebih dari 120 ribu orang mengungsi, di Filipina sebelum bergerak ke arah Vietnam.

Mereka yang tinggal di daerah rawan dan dataran rendah bergerak menuju ke tempat-tempat penampungan di pedalaman. Jumlah orang yang akan dievakuasi kemungkinan menyusut segera setelah jalur topan diketahui lebih pasti.

Tiga provinsi di wilayah tengah Vietnam -- Quang Binh, Quang Tri dan Hue -- dilanda banjir parah dan tanah longsor yang menewaskan 136 orang dan menyebabkan puluhan hilang awal bulan ini. Hujan deras diperkirakan akan turun di wilayah yang masih tergenang air dan terisolasi itu, kata Vietnam News. (VOA)


Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini