|



Florensius Anum Pimpin Rakor Pelaksanaan Pilkada 2020


Sintang
, Kapuasrayatoday.com

Penjabat Bupati Sintang, Florentinus Anum, pimpinan Rakor dan sosialisasi tentang pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 serta penerapan disiplin hukum Prokes pencegahan Covid-19 di Pendopo Bupati Sintang, pada Rabu, (21/10) 2020.

Kegiatan tersebut, turut hadir jajaran Forkopimda, para Pimpinan OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang, para Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama yang ada di Kabupaten Sintang. 

Dalam arahannya, Pjs. Bupati Sintang, Florentinus Anum mengajak seluruh masyarakat dapat berpartisipasi dalam pembangunan daerah, khususnya di Kabupaten Sintang, “dalam rangka kita menjalankan pembangunan di Kabupaten Sintang dengan apa yang kita harapkan, yang direncanakan bisa berjalan dengan baik, aman, tersier, hal tersebutlah menjadi salah satu agenda kita pada saat ini, dan tentunya kondisi tersier, yang menjadi impian kita bersama di Sintang pada kondisi saat ini ”, kata Anum. 

Menurut Anum, bahwa itu tidak hanya pembangunan fisik saja, melainkan pembangunan mental dan spiritualnya, “kita semua harus mempertimbangkan, turut serta dalam pembangunan, baik itu pembangunan fisik maupun mental dan spiritual di Bumi Senentang ini”. Ucapnya. 

Sektorum bahwa perekonomian di sektor pertanian harus dijaga, “kalau kita lihat dari sisi ekonomi, di Sintang masih mengandalkan Sumber Daya Alam khususnya sektor pertanian, masyarakat kita hampir 80% bertopang dari sektor pertanian, maka dari inilah harus kita jaga perekonomiannya disaat pandemi ini , karena dari segi ekonomi sangat menentukan dalam menjaga keamanan dan ketentraman di Sintang, dan kebijakan nasional dalam ekonomi pada saat ini sektor pedesaan yang menjadi fokus untuk memberikan kontribusi yang menahan tekanan ekonomi secara nasional ”, tegasnya. 

Terkait Pilkada Serentak di Kabupaten Sintang, Anum menjelaskan ada dua masalah yang harus dijalankan, “yang pertama kita melaksanakan Pilkada Serentak dalam kondisi Pandemi Covid-19, yang kedua adalah kondisi geografis di Sintang dan ditambah lagi dengan kondisi cuaca yang memasuki musim hujan, yang mendukung menghambat pelaksanaan tahapan pilkada serentak di Sintang tahun 2020 ”, jelasnya. 

Anum meminta pihak KPU, TNI, POLRI, dan sektor yang terlibat dalam pendistribusian logistik agar membuat strategi dalam menghadapi kondisi geografis dan cuaca di Sintang, “kalau hujan dengan kondisi geografis yang belum baik, maka kita perlu pembantuan strategi dalam hal distribusi logistik, pengadaan logstik bisa sampai ke tempat tujuan dengan aman dan lancar, selain masalah keamanan kertas suara, juga harus tepat sasaran dimana letak TPS nya ”, pintanya. 

Pilkada serentak 2020 dalam kondisi Pandemi Covid-19, Anum mengingatkan kepada masyarakat agar berdemokrasi yang sehat, “situasi saat ini lagi covid-19, tapi disatu sisi harus sukes pemilu, kelebihan saling merupakan hak masyarakat, ini tantangan kita bagaimana Pemilu Sehat, dengan tetap menjalani dan tertib melaksanakan protokol kesehatan yang ketat, pesan Anum. 

Sementara itu, Pelaksana Tugas Harian Kapolres Sintang, AKBP. Imam Riyadi, melaporkan kondisi dan situasi terkini di Kabupaten Sintang, “secara keseluruhan bahwa situasi di Sintang masih terlihat kondusif, indikatornya adalah dilihat dari kondisi ekonomi, sosial budaya yang masih cukup dan masih dalam batas wajar dan kondusif, sehingga ketertiban masyarakat di Sintang masih baik ”, ujar PLH. Kapolres Sintang.

Menurut PLH. Kapolres Sintang, bahwa pihaknya sudah mempersiapkan dan memetakan kondisi dalam rangka mensukseskan Pilkada Serentak 2020, “kita sudah memetakan wilayah mana yang tingkat kerawanannya masih tinggi, kemudian juga kita sudah memetakan kondisi geografis yang sulit dilalui saat curah hujan cukup tinggi, ancaman pandemi Covid-19 , ini semua sudah kita petakan, sehingga kami sudah siap dari segi personel, sarana dan prasarana, dan yang menjadi konsen kami ada 5 Kecamatan yang rawan, dan kami siap kawal dari distribusi hingga pencoblosan biar berjalan dengan baik ”, ucapnya.

PLH. Kapolres Sintang meminta kepada seluruh masyarakat untuk terus menjaga situasi yang kondusif ini, “ini juga peran dari kita semua, para tokoh agama, tokoh masyarakat, dan seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Sintang mari kita menjaga keamanan, ketertiban masyarakat yang kondusif, situasi ini harus kita jaga dan pelihara”, pesan PLH. Kapolres Sintang.

Sumber.  Prokopim Sintang

Editor.      Sudarno

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini