-->
    |

Menlu AS Pompeo Siap Melawat ke Asia

Menteri Luar Negeri Amerika Mike Pompeo. (Foto: VOA)

Kapuasrayatoday.com
- Menteri Luar Negeri Amerika Mike Pompeo hari Jumat (2/10) mengatakan akan melanjutkan lawatan yang sudah direncanakan ke Asia untuk menegaskan kembali komitmen Amerika pada negara-negara sekutu di kawasan itu, meskipun ada berita bahwa Presiden Donald Trump positif terjangkit virus corona.

Pompeo akan melawat ke Jepang, Mongolia dan Korea Selatan mulai hari Sabtu (3/10).

Berbicara pada wartawan di Kroasia sebelum kembali ke Washington DC, Pompeo mengatakan ia dan istrinya Susan baru saja menjalani tes medis Covid-19 dan hasilnya negatif. Pompeo terakhir kali bertemu Trump pada 15 September. Ia mendoakan presiden dan ibu negara agar lekas pulih kembali.

Asisten Menteri Luar Negeri Untuk Biro Asia Timur dan Urusan Pasifik Davil Stilwell memberi penjelasan melalui telpon kepada wartawan tentang rencanan lawatan Pompeo. Ia mengatakan Pompeo pertama kali akan singgah di Tokyo dan ini merupakan saat yang tepat karena kepemimpinan baru di negara matahari terbit itu di bawah Perdana Menteri Yoshihide Suga. Stilwell mengatakan Amerika melihat pertemuan di Tokyo itu sebagai penegasan kembali atas kemitraan kedua negara yang terus bertambah kuat.

Stilwell mengatakan Pompeo juga akan menghadiri pertemuan tingkat menteri yang dijuluki “The Quad” - yaitu Amerika, Jepang, Australia dan India. China mengecam “The Quad” sebagai upaya mencegah kemajuan negara itu. Lawatan ini terjadi di titik terendah dalam hubungan Amerika-China, dan Pompeo merupakan pengecam keras dan kuat terhadap Partai Komunis China dan kebijakan luar negeri yang dinilai agresif.

Dari Tokyo, Pompeo akan menuju Ulan Bator, Mongolia. Stilwell mengatakan ini akan menjadi lawatan pertama Pompeo ke negara itu. Ia yakin lawatan pertama ini akan berlangsung sukses dan mengatakan Amerika mendukung upaya Mongolia memperkuat institusi demokrasi, hak asasi dan kebebasan beragama di negara itu. Ditambahkannya, “demokrasi di Mongolia adalah model di kawasan itu.”

Persinggahan terakhir Pompeo adalah di Seoul, Korea Selatan, seiring memudarnya harapan akan terjadinya terobosan terkait program nuklir Korea Utara. Stilwell mengatakan Korea Selatan adalah mitra utama Amerika, di mana kedua negara saling berbagi nilai-nilai bersama.

Lawatan Pompeo ini hanya berselang satu bulan sebelum pemilu presiden Amerika. (VOA)


Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini