-->
    |

Operasi Jantung Raja Norwegia Berjalan Sukses

Raja Norwegia Harald V, di Luxembourg, 4 Mei 2019. (Foto: VOA)

Kapuasrayatoday.com
- Raja Norwegia Harald V yang berusia 83 tahun menjalani operasi untuk mengganti katup jantung di rumah sakit di Oslo, Jumat (9/10). Pihak istana mengumumkan operasi itu berjalan sukses dan kondisinya digambarkan dalam keadaan baik.

Seusai operasi di Klinik Kardiovaskular dan Paru-Paru di rumah sakit Rikshospitalet, raja dipindahkan ke unit perawatan intensif untuk observasi lebih jauh, kata dokter pribadi raja, Bjoern Bendz, dalam pernyataan dari istana. Bendz mengatakan intervensi itu penting untuk memperbaiki pernafasan raja dan ia menambahkan bahwa operasi ini dilakukan secara rutin.

Bulan lalu, raja dirawat di rumah sakit akibat sesak nafas. Para dokter menyatakan raja tidak mengidap COVID-19.

Setelah operasi hari Jumat (9/10), pihak istana mengatakan raja akan mengambil cuti sakit hingga Oktober. Putranya sekaligus pewaris takhta, Pangeran Haakon, telah turun tangan dan mengambil alih tugas-tugas ayahnya.

Pihak istana mengatakan operasi itu bukan bedah jantung terbuka dan raja tetap sadar selama operasi dilakukan lewat pangkal paha setelah diberi anestesi lokal.

Pada tahun 2005, katup aorta raja digantikan dengan katup jantung buatan. Katup semacam itu dapat bertahan antara 10 dan 15 tahun, kata keluarga kerajaan. (VOA)


Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini