-->
    |

Pemkab Sintang Gelar Apel Dan Ikrar Netralitas ASN Dalam Pilkada 2020


Sintang
, Kapuasrayatoday.com -

Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Yosepha Hasnah, memimpin apel pagi sekaligus pembacaan ikrar dan gerakan nasional netralitas Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemkab Sintang pada Senin, (5/10) Oktober 2020 di Halaman Kantor Bupati Sintang. 

Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Dalam arahanya Sekda menyampaikan bahwa ikrar untuk netral sudah dibacakan secara bersama-sama agar dilaksanakan dengan benar dan penuh tanggung jawab. “Jangan hanya diucapkan tetapi tidak dilaksanakan. Jika terbukti ikut kampanye melalui media apapun, sanksi tegas menunggu yakni dicabut Nomor Identitas Pegawai Negeri Sipil atau NIP nya artinya diberhentikan dari PNS. Bagi yang pegawai kontrak bisa langsung dicabut SK tenaga kontraknya ”tegas Sekda.

Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang langsung menegur salah satu tenaga kontrak yang sudah memposting dukungan di media sosial dengan masih menggunakan seragam pegawai kontrak. “Saya minta jangan diulangi lagi. Saya memahami kita harus setia. Tetapi harus tepat menempatkan loyalitas kita. Saat seperti kampanye ini kita harus netral. Jangan ikutan kampanye. Jangan sampai dipecat, karena saat ini situasi ekonomi sedang susah. Banyak warga kita yang susah cari kerja ”pesan Yosepha Hasnah.

Malam minggu kemarin, tim gabungan juga melakukan razia penggunaan masker dan protokol protokol kesehatan. 

Razia di dua warkop berhasil menjaring 70 pelanggar. Dilakukan tes cepat, banyak yang reaktif dan langsung dikarantina. Sehingga saat ini sudah ada 30 orang yang diisolasi di rumah sakit. Saya mau mengingatkan ASN, jika mau malam mingguan di café atau warkop, harus menggunakan masker dan jaga jarak, itu kalau memang harus duduk, tetapi jangan lama-lama. Kalau perlu, beli makanan atau minuman, kemudian bawa pulang saja. Di Sintang kasus konfirmasi positif Covid-19 masih terus ada. Maka kita wajib waspada. Razia ini akan terus dilakukan. Bahkan minggu depan, kita mewacanakan untuk membatasi jam buka tempat hiburan, warkop, dan café ”terang Yosepha Hasnah.  

Ikrar netralitas ASN dibacakan Asisten I Yaser Arafat dan seluruh peserta apel yang merupakan pegawai ASN dan pegawai kontrak yang ada di Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang. 

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang Syarief Yasser Arafat, S.Sos, M.Si membacakan ikrar ASN untuk netral dalam pilkada Sintang dan mengikuti Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Dra. Yosepha Hasnah, M.Si, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Yustinus J, S. Pd. MAP, seluruh kepala bagian, kepala sub bagian dan seluruh staf baik yang ASN maupun tenaga kontrak

Ada 4 (empat) poin dalam Ikrar ASN  yakni berkomitmen untuk, 1. menjaga dan menerapkan prinsip netralitas ASN dalam menjalankan fungsi pelayanan publik sebelum, selama dan sesudah pelaksanaan pilkada Sintang.  2. menghindari konflik kepentingan, tidak melakukan praktif-praktik intimidasi, dan ancaman kepada sesama ASN dan masyarakat lain serta tidak memihak terhadap salah satu calon. 3. menggunakan media sosial secara bijak, tidak digunakan untuk kepentingan pasangan calon tertentu, tidak menyebarkan ujaran kebencian dan kabar bohong. 4. Menolak politik uang dan segala jenis pemberian dalam bentuk apapun. 

Apel pembacaar ikrar diikuti seluruh kepala OPD, Staf dan tenaga kontrak di lingkungan Pemkab Sintang.

Ikrar mengambil tema " ASN NETRAL BIROKRASI KUAT".

Sumber.    Prokopim Sintang

Editor.        Sudarno

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini