|



PM Trudeau: Kanada Tak Takut Ancaman China

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau berbicara saat duduk di komite Covid-19 di Ottawa. (Foto: VOA)

Kapuasrayatoday.com
- PM Kanada Justin Trudeau, Jumat (16/10), berjanji akan terus membela masalah HAM di China. Hal ini dikemukakannya setelah seorang diplomat China memperingatkan Ottawa agar tidak menyambut aktivis pro-demokrasi Hong Kong.

Duta besar China di Ottawa, Cong Peiwu, Kamis (15/10), memperingatkan Kanada agar tidak memberi suaka kepada aktivis Hong Kong. Langkah seperti itu, katanya, memiliki konsekuensi terhadap “kesehatan dan keamanan” dari 300 ribu warga Kanada yang tinggal di teritori China.

Harian Kanada "The Globe and Mail" mengatakan, Ottawa baru-baru ini telah memberikan suaka kepada pasangan suami istri Hong Kong, sebuah keputusan yang tidak dikonfirmasi atau dibantah oleh pemerintah Kanada.

“Kami akan secara jelas dan nyaring membela HAM, di seluruh dunia, baik itu terkait dengan situasi yang dihadapi warga Uighur, situasi yang sangat memprihatinkan di Hong Kong, maupun memperingatkan China sehubungan diplomasi pemaksaannya,” demikian kata Trudeau ketika ditanya tentang komentar duta besar China itu.

Sebuah petunjuk bahwa hubungan antara kedua negara semakin tegang tampak ketika Menteri Luar Negeri Kanada, Francois-Philippe Champagne, mengecam komentar dubes China itu dan menyebutnya sebagai “tidak bisa diterima dan sangat mengganggu.” (VOA)


Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini