-->
    |

Zeta Menjadi Badai sewaktu Menarget Semenanjung Yucatan

Awan mendung pekat saat badai tropis Zeta mendekati pantai Cancun, Meksiko (26/10). (foto: VOA)

Kapuasrayatoday.com
- Peramal cuaca Amerika mengatakan Badai Tropis Zeta mendekati kekuatan badai sewaktu menuju semenanjung Yucatan, Meksiko. Pusat Badai Nasional di Miami mengatakan badai tersebut diperkirakan akan membawa kondisi badai di sebagian semenanjung itu pada Senin (26/10) malam.

Pada laporan terakhir, Zeta berada 230 kilometer tenggara Cozumel, Meksiko, bergerak dengan kecepatan 17 kilometer per jam. Badai itu memiliki kecepatan angin 110 kilometer per jam.

Menurut peramal cuaca, hingga Selasa, hujan lebat diperkirakan akan terjadi di Yucatan, demikian pula Kuba tengah hingga barat dan Kepulauan Cayman. Mereka mengatakan daerah perkotaan mungkin akan mengalami banjir bandang.

Setelah melewati semenanjung itu, peramal cuaca mengatakan, pada Rabu, Zeta diperkirakan berbelok ke utara dan timur laut di Teluk Meksiko dan menuju bagian selatan Pantai Teluk Amerika, di mana badai itu akan membawa curah hujan. Angin akan mengimbas daerah-daerah dari Louisiana hingga Florida.

Louisiana kemungkinan akan dilanda Zeta setelah negara bagian itu dilanda badai Delta dan Laura. Beberapa bagian Alabama yang terhempas Badai Sally, juga akan dilanda Zeta. Badai itu kemungkinan menjadi badai ke-11 yang menghantam Amerika pada tahun 2020, memperpanjang rekor paling banyak dalam satu tahun, yang sebelumnya dicatat Delta.

Zeta adalah nama badai ke-27 dalam musim badai Atlantik 2020. (VOA)


Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini