-->
    |

Eurogroup: Negara-Negara Anggota Lebih Mampu Merespons Virus

Lembar uang kertas euro di sebuah pedagang valuta asing di Tokyo, 9 September 2020. (Foto: VOA)

Kapuasrayatoday.com
- Sejumlah menteri keuangan zona euro menyatakan negara-negara Eropa akan terus memerlukan bantuan keuangan hingga tahun depan karena lonjakan infeksi virus corona dan pembatasan yang diperketat semakin memperburuk perekonomian negara.

Setelah konferensi video pada Selasa (3/11), para menteri itu dalam sebuah pernyataan memandang pentingnya "dukungan fiskal di setiap negara anggota agar berlanjut hingga 2021, mengingat bertambahnya risiko pemulihan yang tertunda, dan menyesuaikan dengan situasi yang berkembang."

"Pandemi memang mengakibatkan banyak permasalahan dan penderitaan, tetapi itu juga mengingatkan kita atas nilai Uni Eropa," kata Presiden Eurogroup Paschal Donohoe pada konferensi pers setelah pertemuan tersebut.

"Sekarang kita lebih mampu menanggapi krisis dan berusaha pulih dengan menggunakan berbagai sumber daya dari pasar tunggal negara anggota dan kekuatan ekonomi gabungan Eropa."

Para menteri dari 19 negara yang menggunakan mata uang tunggal euro itu juga menggarisbawahi pentingnya untuk segera menyepakati dana senilai 750 miliar euro ($878 miliar) untuk mendukung Kawasan wilayah yang terpukul paling parah juga sejumlah bisnis atau sektor kesehatan di seluruh Eropa.

"Langkah – langkah penahanan yang ketat jelas akan berdampak pada aktivitas ekonomi," Komisaris Eropa Bidang Ekonomi Paolo Gentiloni menegaskan.

"Beberapa alasan meyakini bahwa dampaknya dapat lebih kecil dibanding pada musim semi. Misalnya, perusahaan dan karyawan lebih siap dan sudah terbiasa untuk bekerja dari rumah. Namun, pada saat yang sama, durasi gelombang kedua ini penuh dengan ketidakpastian," Paolo menjelaskan lebih lanjut.

Terlepas dari perbedaan posisi yang mencolok antara negara-negara anggota Uni Eropa dan anggota parlemen Uni Eropa, para menteri itu tetap meyakini bahwa kesepakatan dapat dicapai pada akhir bulan depan.

Ketua blok ekonomi Eropa Paschal Donohoe berharap negosiator dapat menunjukkan "kesatuan dalam tujuan" terkait finalisasi dana, yang ia gambarkan sebagai "prioritas mendesak bagi semua negara anggota yang sangat penting untuk mendukung pemulihan ekonomi pada tahun-tahun mendatang. (VOA)


Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini