-->
    |

Pelantikan Dan Pengukuhan Pengurus DPD Apaksindo Sanggau Periode 2019-2024

 

    Foto: Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus DPD Apaksindo Sanggau Periode 2019-2024

Sanggau.Kapuasrayatoday.com-

Pelantikan dan pengukuhan pengurus DPD APKASINDO Sanggau periode 2019-2024 di Hotel Grand Narita dan juga mengadakan pelatihan kewirausahaan kepada para pelaku UKM dan juga petani sawit dalam mengelola dan mengembangkan usahanya.


Kepala sekolah SMK PDN Mahatir Mohammad Saat dihubungi Awak Media mengatakan kegiatan yang dilakukan untuk melatih dan pembinaan cara membuat canvas model bisnis agar para UKM serta petani mengetahui model bisnis yang baik yang terdiri dari sembilan elemen utama, antara lain: membangun partner, menjelaskan aktivitas, mengetahui sumber daya potensial, nilai dari produk, bagaimana hubungan dengan konsumen, channel distribusi, segmentasi konsumen, struktur biaya dan pendapatan. 


"Dari seluruh peserta dipilih dua peserta yang mewakili Sanggau untuk maju dan disandingkan dengan para UKM di wilayah Kotawaringin Kalimantan Tengah dan Mamuju Sulawesi Barat."Tuturnya


Mahatir mengatakan dimasa Covid-19 ini dirasakan telah mengganggu usaha-usaha baik UKM maupun petani sawit, salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah melalui pelatihan kewirausahaan, karena disaat ini pandemic Belum berakhir dan sangat terasa perekonomian kepada para UKM serta petani sawit. 


Pelatihan ini diselenggarakan melalui protokol yang cukup ketat dengan membatasi jumlah peserta yang berada dalam ruangan (sehingga dibagi menjadi dua gelombang serta terdapat sesi online dan juga peserta di lengkapi dengan APD yang cukup lengkap). 


UKM Center FEB UI yang disponsori sepenuhnya oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), Kementerian Keuangan Republik Indonesia, mengadakan kegiatan bootcamp pemberdayaan dan penguatan kelembagaan UKM Kelapa sawit. 


Kegiatan ini diawali dengan proses pengumpulan database dengan melibatkan, Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO), Asosiasi Petani Kelapa Sawit PIR (ASPEKPIR), dinas koperasi, dinas perkebunan, dan UKM Berbasis Kelapa Sawit di Sanggau Kalimantan Barat. 


Setelah itu, database yang didapatkan kemudian dikembangkan menjadi Mitra Binaan Unggul Petani Sawit dan UKM Berbasis Kelapa Sawit yang nantinya akan diberikan pelatihan dan juga pendampingan. 


Saat ini sedang berlangsung proses bootcamp kepada 30 peserta terpilih di Sanggau-Kalimantan Barat yang terdiri dari anggota APKASINDO dan ASPEKPIR yang juga memiliki usaha. 


Bootcamp selama 6 hari ini (2-7 November) ini dibuka dengan sambutan oleh Bapak Jumadi, S.Sos selaku ketua DPRD Kabupaten Sanggau dan juga perwakilan Dandim Bapak Budi Santosa. Bapak ketua DPRD Kabupaten Sanggau menjelaskan kondisi Sanggau serta perkebunan kelapa sawit di Sanggau. 


Dewi Sukma sebagai perwakilan UKM Center FEB UI. Acara selanjutnya adalah quiz yang dilakukan serempak di tiga daerah. Sanggau menduduki posisi lima besar pada quiz kali ini. Acara ditutup dengan sambutan serta arahan dari Kadis Perkebunan dan Bupati Kabupaten Sanggau. 


Sesi hari kedua adalah materi terkait pemasaran digital serta foto produk. Materi ini sangat dibutuhkan oleh peserta di era pandemi yang disampaikan oleh influencer Instagram dan youtube langsung. Sehingga peserta bisa belajar bagaimana pemasaran digital serta foto produk yang baik. 


Pada sesi online nanti akan ada materi terkait pembuatan laporan keuangan serta kisah sukses para usahawan berbasis sawit. Beberapa peserta menyatakan bahwa “acara bermanfaat bagi keberlangsungan usaha para petani Sanggau dan diharapkan berlanjut ”. UKM Center FEB Universitas Indonesia selaku penyelenggara ini menyatakan “semangat para peserta sangat luar biasa untuk belajar meskipun beberapa narasumber di remote langsung melalui zoom dan tidak mematahkan semangat para peserta” ujar permata wulandari sebagai ketua panitia bootcamp kegiatan pemberdayaan dan penguatan kelembagaan kelapa sawit.


Semoga para petani serta UKM sawit bisa berkembang usaha nya. Begitulah harapan para pengusaha berbasis kelapa sawit di daerah Sanggau. Terimakasih kepada BPDP-KS yang telah mensponsori acara ini.(Cep)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini