-->
    |

Aktivis Rusia Protes Penahanan Navalny

Aksi protes menuntut pembebasan tokoh oposisi Rusia, Alexei Navalny. (foto: VOA)

Kapuasrayatoday.com
- Aktivis Rusia Pavel Krisevich hari Minggu (24/1) memprotes penahanan Alexei Navalny dan penahanan massal ribuan demonstran dengan mengurung dirinya dalam suatu piranti berbentuk bola besar yang dikelilingi kawat berduri di ibu kota Moskow.

Polisi tampak berupaya mengeluarkan Krisevich dari kawat berduri itu untuk menangkapnya.

Beberapa aktivis lain juga ditangkap tak lama setelah penangkapan Krisevich.

Menurut kelompok yang menghitung penangkapan yang dilakukan aparat, polisi Rusia telah menangkap lebih dari 3.000 orang dalam demonstrasi di seluruh negara itu hari Sabtu (23/1) menuntut pembebasan pemimpin kelompok oposisi dan sekaligus merupakan musuh utama Kremlin, Alexei Navalny.

Navalny ditangkap 17 Januari lalu ketika kembali ke Moskow dari Jerman, di mana ia menghabiskan waktu selama lima bulan untuk memulihkan diri pasca insiden racun agen syaraf yang menurutnya dilakukan oleh Kremlin. Pihak berwenang Rusia menyangkal tudingan itu.

Pihak berwenang mengatakan keberadaan Navalny di Jerman melanggar syarat-syarat hukuman bersyarat atas vonis pidana tahun 2014, yang disebut Navalny sebagai tuduhan yang dibuat-buat.

Ia dipenjara di Moskow dan dijadwalkan akan disidang pada 2 Februari mendatang tentang apakah hukuman yang ditangguhkan terhadapnya akan diubah menjadi hukuman 3,5 tahun penjara. (VOA)


Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini