-->
    |



FW-LSM : Mengoptimalkan Peran Pers Dan LSM Dengan Pelatihan


Pontianak.Kapuasrayatoday.com-Tahun ini Mengawali agenda rutin tahunan, Forum Wartawan dan Lembaga Swadaya Masyarakat (FW-LSM) Kalimantan Barat menggelar pertemuan, Kamis (28/1/2021) di D’Blues CafĂ© Pontianak. Pertemuan yang dihadiri presidium, para koordinator wilayah dan Tim Satgas Magna Charta telah menyepakati tempat dan waktu pelaksanaan Rapat Koordinasi (Rakor).

“Karena Untuk kegiatan kali ini Kota Singkawang terpilih sebagai tuan rumah pelaksanaan Rakor yang direncanakan berlangsung selama dua hari pada tanggal 20 dan 21 Februari 2021. Hal ini sudah disepakati dalam rapat pembahasan,” kata Yayat Darmawi, Ketua Umum Presidium FW-LSM Kalbar kepada wartawan.

Pastikan Tidak seperti pelaksanaan agenda tahunan sebelumnya yang dikemas dalam bentuk seminar penegakkan hukum, maka kegiatan di tahun 2021 ini dalam bentuk Rakor dengan tema ‘Optimalisasi Peran Pers dan LSM di Kalbar’. Dalam Rakor ini nantinya akan dibahas berbagai isu krusial di setiap kabupaten dan kota se-Kalbar, sekaligus melakukan evaluasi atas program yang telah dilaksanakan di tahun sebelumnya. 

Forum ini Selanjutnya juga akan ada rekomendasi yang disampaikan kepada publik maupun ditindaklanjuti sebagai bagian dari rencana aksi. Hal ini terkait erat dengan fungsi pers dan LSM sebagai kontrol sosial maupun alat kontrol kinerja pemerintah yang konstruktif bagi kemajuan daerah,” tambah Yayat Darmawi.

Saat Ditemui ditempat yang sama usai pertemuan, Sekretaris Jendral (Sekjen) FW-LSM Kalbar, Wan Daly Suwandi menjelaskan Rakor tersebut nantinya menjadi wahana dalam upaya meningkatkan peran pers dan LSM dalam membangun kemitraan dengan berbagai pihak atau multistakeholders. 

Menjalin Kemitraan ini sangat penting sebagai langkah melibatkan masyarakat sipil dalam pencegahan dalam bentuk saran maupun kritik terhadap sebuah kebijakan publik. Namun jika terdapat penyalahgunaan wewenang oleh pejabat negara atau pemerintah maupun penyimpangan lainnya, maka pers dan LSM setidaknya menjadi garda terdepan dalam memperjuangkan kepentingan masyarakat,” tegas Wawan, panggilan akrab Wan Daly Suwandi. 

Kegiatan ini terus berlanjut,dalam  hal penguatan kapasitas di internal FW-LSM, menurut Wawan, pihaknya terus melakukan pembenahan antaralain melalui Bimbingan Teknis (Bimtek) investigasi dan Diklat Jurnalistik yang sudah dilaksanakan sebelumnya. Demikian pula melalui seminar dengan menghadirkan para narasumber lokal maupun nasional. “Tahun ini kemasan kegiatannya agak berbeda. Rakor ini lebih bersifat evaluasi, teknis dan pembahasan agenda kerja internal, (Cep)
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini