-->
    |

Partai Berkuasa di Jerman Pilih Loyalis Merkel sebagai Pemimpin Baru

Pemimpin baru Partai Persatuan Demokrat Kristen (CDU) Jerman, Armin Laschet, berbicara secara daring usai pemilihannya, di Berlin, Jerman, Sabtu, 16 Januari 2021. (Foto:VOA)

Kapuasrayatoday.com
- Partai Persatuan Demokrat Kristen (CDU) yang berkuasa di Jerman memilih Armin Laschet sebagai pemimpin mereka. Laschet adalah perdana menteri Rhine-Westphalia Utara, negara bagian terpadat di Jerman.

Langkah itu mengisyaratkan bahwa partai itu cenderung memilih untuk melanjutkan kebijakan-kebijakan “jalan tengah” Angela Merkel ketika dia mundur pada September mendatang setelah 16 tahun menjabat.

Kemenangan Laschet menempatkannya pada posisi untuk meneruskan Merkel ketika CDU dan partai yang berafiliasi, Persatuan Sosial Kristen, akan memutuskan pada Maret siapa yang menjadi kandidat kanselir dalam pemilu nasional.

CDU telah menduduki pemerintahan federal di Jerman selama 52 dari 72 tahun belakangan.

Seorang pembantu Presiden AS terpilih Joe Biden memprediksi pemerintahan Biden bisa bentrok dengan Laschet soal Rusia dan China, apabila Laschet terpilih sebagai kanselir.

“Laschet menyukai pendekatan yang kurang konfrontasional terhadap Moskos dan Beijing," kata pembantu Biden yang meminta identitasnya dirahasiakan itu.

Namun, dia mencatat bahwa Laschet mendukung dipertahankannya hubungan transatlantik yang sangat dekat.

“AS adalah mitra kami yang paling signifikan di luar Uni Eropa," kata Laschet pada 2019. "AS adalah negara dengan teknologi paling canggih di dunia, dan sangat penting bagi keamanan di Eropa." (VOA)


Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini