-->
    |



12 Anggota PWI Sintang Ikuti Pelatihan Pra UKW


Sintang, Kapuasrayatoday.com - Sebanyak 12 wartawan yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sintang, mengikuti pelatihan jurnalistik Pra Uji Kompetensi Wartawan (UKW), Sabtu (13/2) yang berlangsung di Aula Diskominfo Kabupaten Sintang.

Pelatihan Jurnalistik Pra UKW, digelar PWI Kabupaten Sintang untuk mempersiapkan para anggotanya, yang akan mengikuti UKW di Pontianak, pada 26 - 28 Februari mendatang. Pelatihan jurnalistik Pra UKW yang dilaksanakan PWI Kabupaten Sintang disampaikan langsung oleh Ketua PWI Kabupaten Sintang, Tantra Nur Andi.

“Pelatihan ini untuk meningkatkan pengetahuan jurnalistik bagi para wartawan yang akan mengikuti UKW di Pontianak,” kata Tantra Nur Andi, yang juga sebagai pemateri dalam pelatihan tersebut. 

Tantra mengatakan, pelatihan yang berlangsung selama sehari itu, membahas tentang berbagai teori jurnalistik dan kisi - kisi agar bisa lulus dalam UKW. Sebelum UKW, lanjut Tantra, para wartawan yang tergabung dalam PWI Kabupaten Sintang, memang mengikuti secara khusus, agar bisa menjawab semua pertanyaan penguji saat UKW nanti.

Berbagai teori jurnalistik, mulai dari perencanaan liputan, teknik wawancara, teknik reportase, kode etik jurnalistik, evaluasi liputan, menulis berita sampai pada bagaimana membangun jaringan telah saya sampaikan, sebagai bekal para wartawan untuk mengikuti UKW, ”ungkap Tantra.

Dikatakan Tantra, yang dilaksanakannya pelatihan Pra UKW, yakni untuk meningkatkan kompetensi wartawan yang menjadi anggota PWI Kabupaten Sintang, meningkatkan ketaatan wartawan pada kode etik jurnalistik demi citra, kredibilitas dan integritas wartawan. Selain itu, pelatihan jurnalistik juga untuk mewujudkan visi PWI Kabupaten Sintang, yaitu bersama PWI, Wartawan Profesional, Bermartabat dan Beretika. 

Masih kata Tantra, wartawan Antara yang telah lulus UKW Utama, kisi-kisi agar bisa lulus dalam UKW juga disampaikan secara detail pada peserta pelatihan Pra UKW. “Saya juga membahas materi - materi jurnalistik yang biasa diujikan dalam UKW pada para peserta,” katanya.

Tantra berharap, dengan pelatihan Pra UKW ini, 12 anggota PWI Kabupaten Sintang menjadi siap untuk mengikuti UKW di Pontianak. “Saya berharap semua anggota PWI Kabupaten Sintang dapat mengikuti UKW dengan baik dan lulus,” harapnya.

Penulis.    Tim Liputan

Editor.        Sudarno

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini